Bio Farma Klarifikasi RK Belum Disuntik Vaksin Covid-19

CNN Indonesia | Sabtu, 15/08/2020 22:21 WIB
Bio Farma mengklarifikasi informasi yang menyebut bahwa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah disuntik vaksin virus corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Bandung, CNN Indonesia --

PT Bio Farma mengklarifikasi terkait pemberitaan di media massa yang menyebutkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah disuntik vaksin virus corona (Covid-19). Diketahui, Ridwan Kamil sudah mendaftar sebagai relawan uji klinis tahap III vaksin Covid-19 yang dilaksanakan Bio Farma dengan menunjuk Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran selaku tim penguji.

"Dengan ini kami menyampaikan klarifikasi bahwa sampai dengan saat ini (15 Agustus 2020) belum dilakukan penyuntikan kepada Ridwan Kamil," tutur Corporate Communication PT Bio Farma dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/8).

Namun, Bio Farma menyatakan Ridwan Kamil sudah terdaftar sebagai relawan uji klinis fase 3 vaksin Covid-19.


Bio Farma juga menyampaikan permohonan maaf atas kekeliruan pernyataan yang menyebut Ridwan sudah disuntuk vaksin.

Sebelumnya, Ridwan juga telah meluruskan informasi yang menyatakan dirinya telah disuntik vaksin Covid-19. Emil, panggilan Ridwan, mengaku belum disuntik vaksin corona.

"Saya sedang persiapan fisik untuk pengetesan vaksin. Jadi saya belum dites," ucap Emil dalam jumpa pers di Bandung, Sabtu (15/8).

Emil menuturkan, jadwal suntik vaksin paling cepat dilakukan pekan depan. Itu pun masih menunggu jadwal dari tim peneliti.

"Kemungkinan paling cepat minggu depan. (Kondisi) saya secara psikologis baik, secara klinis juga baik," ucapnya.

Selain dirinya, Emil mengungkapkan bahwa Pangdam III/Siliwangi dan Kapolda Jabar telah ikut mendaftar sebagai relawan uji klinis vaksin Covid-19.

"Pak Pangdam dan Pak Kapolda juga sama sudah terdaftar. Jadi dari para pimpinan yang saya tahu di pimpinan di level provinsi (ikut mendaftar relawan uji klinis)," ujarnya.

(hyg/osc)

[Gambas:Video CNN]