Antisipasi Macet Libur Panjang, Jasa Marga Siapkan Contraflow

khr, CNN Indonesia | Minggu, 16/08/2020 04:35 WIB
Jasa marga membuka opsi rekayasai lalin lawan arah atau contraflow di tol Jakarta-Cikampek untuk mengantisipasi kemacetan pada libur panjang Tahun Baru Islam. Ilustrasi kepadatan Tol Jakarta-Cikampek. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia --

Jasa Marga membuka opsi memberlakukan rekayasa lalu lintas lawan arah atau contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) pada Rabu (19/8) mendatang. Upaya itu bakal dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan saat libur panjang Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H yang jatuh pada Kamis 20 Agustus.

Jasa marga memprediksi libur Tahun Baru Islam itu menjadi puncak arus mudik setelah libur panjang yang berdekatan dengan HUT RI ke-75 pada Senin 17 Agustus.

Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Pratomo Bimawan Putra menjelaskan, pihaknya memprediksi volume kendaraan yang keluar Jakarta pada periode 19-21 Agustus sebanyak 476.834 kendaraan atau naik 21,1 persen jika dibandingkan normal.


"Untuk meningkatkan layanan lalu lintas, Jasa Marga menempatkan petugas di titik-titik rawan kepadatan untuk percepatan penanganan gangguan lalu lintas, One Call Center 24 jam 14080, optimalisasi kapasitas lajur dengan pemberlakuan rekayasa lalin seperti contraflow atas diskresi Kepolisian," ujarnya.

Menurut Bima, prediksi puncak arus mudik tersebut merupakan angka kumulatif lalin yang meninggalkan Jakarta di beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier atau utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan) serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur).

Selain itu, Jasa Marga telah mempersiapkan sejumlah upaya peningkatan layanan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 07/SE/M/2020.

"Jasa Marga meningkatkan kapasitas layanan di GT Utama dengan menyiapkan Mobile Reader dan memastikan gardu transaksi beroperasi penuh," imbuhnya.

Bima juga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar memastikan kendaraan dalam keadaan prima dan mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan.

"Hindari jam-jam puncak arus lalin, pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima," pesannya.

Per Sabtu (15/8) tadi, Jasa Marga juga telah memberlakukan contraflow dari KM 47 hingga KM 61 Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Cikampek. Hal ini bertujuan mengurangi kepadatan mobilitas warga dalam menyambut libur panjang menjelang HUT RI Ke-75. Lawan arah ini diberlakukan sejak Sabtu (15/8) siang sekitar pukul 11.08 WIB.

(osc/osc)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK