Lalu Lintas Arah Puncak Mulai Ramai Jelang Libur Panjang

CNN Indonesia | Kamis, 20/08/2020 09:12 WIB
Lalu lintas di Simpang Gadog menuju Puncak mulai ramai, Kamis (20/8) pagi, menjelang libur panjang di akhir pekan ini. Sementara itu, Purbaleunyi masih lancar. Ilustrasi. (ANTARAFOTO/Yulius Satria)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kondisi arus lalu lintas di Simpang Gadog menuju Puncak, Jawa Barat, mulai ramai pada Kamis (20/8) pagi, menjelang libur panjang di akhir pekan ini.

"08.09 - Simpang Gadog Arah Puncak terpantau ramai lancar. Saat ini Jalur Puncak sedang diberlakukan One Way Arah Atas dari Jakarta menuju Puncak. #tmcpolresbogor," kicau TMC Polres Bogor melalui Twitter, Kamis (20/8).

Sementara itu, ruas tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi dilaporkan masih lancar terpantau pada pukul 09.00 WIB.


"09.00 WIB #Tol_Purbaleunyi Dawuan - Padalarang - Pasteur - Cileunyi LANCAR. ; Cileunyi - Pasteur - Padalarang - Dawuan LANCAR," demikian keterangan PT. Jasa Marga (Persero) lewat Twitter.

Namun, Jasa Marga melaporkan bahwa Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Elevated, khususnya di KM 45-50 sudah mulai padat pada pagi hari ini karena peningkatan volume kendaraan.

"Bekasi Timur - Tambun PADAT, kepadatan volume lalin. Karawang Barat KM 45 - KM 50 arah Cikampek PADAT, kepadatan di lajur pertemuan Jalur Atas-Bawah dan di lajur masuk Tempat Istirahat KM 50," tulis Jasa Marga.

Libur panjang dan cuti bersama sejak perayaan hari Tahun Baru Islam 1442 Hijriah, Kamis (20/8), hingga Minggu (23/8) diperkirakan akan membuat banyak kendaraan meninggalkan Jakarta menuju ke sejumlah kawasan wisata.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sudah mulai melakukan pengamanan dan pengaturan lalu lintas di sejumlah titik rawan macet sejak Rabu (19/8).

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo mengatakan bahwa pengamanan dan pengaturan lalu lintas itu dilakukan mulai Rabu sore.

"Mulai nanti sore kita akan melaksanakan penjagaan dan pengaturan serta patroli di titik-titik rawan macet," kata Sambodo kepada CNNIndonesia.com, Rabu (19/8).

Beberapa titik rawan macet yang diantisipasi yakni pintu masuk Tol Japek Elevated, Rest Area KM 19, simpang susun Cikunir, Cawang, arah Tomang dan Kebon Jeruk, arah Jagorawi, simpang Cibubur, dan titik lain yang mengarah ke luar Jakarta.

Sambodo mengatakan bahwa pihaknya juga bakal mendirikan pos pengamanan di sejumlah titik. Selain pos pengamanan, pihaknya juga telah menyiapkan titik-titik penjagaan dengan menempatkan anggotanya.

"Personel yang diterjunkan 150 personel," ujarnya.

(mts/has)