Alternatif Nama untuk Partai Baru Amien Rais

CNN Indonesia | Rabu, 26/08/2020 17:30 WIB
Amien Rais disebut sudah memilih nama untuk partai barunya. Sejumlah nama sempat disebut salah satu loyalis Amien Rais untuk partai baru itu. Amien Rais dikabarkan akan membentuk partai baru setelah hubungannya dengan PAN tak mesra lagi. (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Loyalitas pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais, Agung Mozin, menyampaikan bahwa Amien Rais sudah memilih nama yang akan disematkan untuk parpol baru besutannya.

Sebelumnya Pendiri PAN Muhammad Yunus juga membocorkan tiga nama parpol baru yang akan dibentuk oleh Amien Rais yakni Partai Amanat Rakyat, Partai Amanat Reformasi, (dan) PAN Reformasi.

Mozin menolak untuk membeberkan nama partai yang sudah dipilih Amien tersebut. 


"Nama belum kita umumkan. Sudah ada nama, tapi belum di-share," kata Agung kepada CNNIndonesia.com, Rabu (26/8).

"Tunggu saja," imbuh Agung.

Terpisah, loyalis Amien Rais lainnya, Chandra Tirta Wijaya mengonfirmasi hal yang sama. Menurutnya, sekitar satu atau dua nama telah ditetapkan Amien Rais untuk parpol baru besutannya.

Namun, ia juga menolak membeberkan nama yang hendak disematkan untuk parpol baru tersebut. Menurutnya, nama tersebut berada di kantong Amien Rais saat ini.

"Sepertinya Pak Amien Rais sudah menetapkan satu [atau] dua nama, tapi dia belum membocorkan," ucapnya.

Dia melanjutkan, pihaknya menargetkan parpol baru Amien Rais bisa dideklarasikan pada Desember 2020 mendatang.

Menurut Chandra, deklarasi parpol baru Amien Rais tinggal menunggu waktu. Dia berkata, pihaknya sudah melakukan perekrutan kader dan berbagai persiapan untuk mendeklarasikan parpol baru Amien Rais.

"Prinsipnya kami persiapan segala macam sudah dilaksanakan, kemudian perekrutan sudah, tinggal tunggu waktunya saja," ucapnya.

Saat ditanya terkait tiga opsi nama parpol baru Amien Rais yang pernah dibocorkan Yunus, Chandra tidak membantah.

Menurutnya, nama-nama tersebut memang menjadi opsi yang diusulkan ke Amien Rais. Namun, ia mengaku belum tahu nama yang akhirnya dipilih oleh Amien Rais.

Chandra juga berkata bahwa Amien Rais sedang menyusun jati diri, visi, dan misi parpol barunya saat ini.

"Itu dari puluhan nama itu ada nama-nama itu, tapi yang mana saya belum tahu. Saya pun enggak dikasih tahu. Setelah ini, dia [Amien Rais] rencana bicara jati diri partai, masalah visi misi partai, sekarang sedang dia tulis," tuturnya.

DPP PAN sendiri diketahui meragukan rencana Amien Rais membentuk parpol baru.

Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi menyatakan bahwa Amien Rais yang merupakan salah satu pendiri PAN memiliki rasa cinta yang besar terhadap berlambang matahari ini.

"Pertanyaannya, benarkah Pak Amien akan mendirikan partai politik baru dan akan meninggalkan PAN? Saya pribadi meragukan jika Pak Amien akan mendirikan partai politik baru, mengingat besarnya cinta Pak Amien kepada PAN," kata Viva beberapa waktu lalu.

(mts/sur)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK