Pulang dari Jakarta & Palembang, 6 Warga Jambi Positif Covid

CNN Indonesia | Jumat, 28/08/2020 02:28 WIB
Kasus positif Covid-19 di Jambi pada Kamis (27/8) bertambah tujuh orang, dimana enam di antaranya memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta dan Palembang. Ilustrasi. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Jambi, CNN Indonesia --

Pasien positif virus corona (Covid-19) di Jambi bertambah tujuh pada Kamis (27/8), sehingga total mencapai 296 orang. Dari tujuh orang itu, enam di antaranya memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta dan Palembang.

Sedangkan satu orang lain dinyatakan positif Covid-19 dari hasil screening di rumah sakit dengan pemeriksaan tes cepat molekuler.

"Empat orang punya riwayat perjalanan dari Jakarta dan dua orang dari Palembang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Jambi, Johansyah, melalui keterangan pers, Kamis (27/8).


Empat orang yang memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta yaitu pasien 290, perempuan usia 28 tahun; pasien 291, perempuan usia 37 tahun; pasien 292, perempuan usia 9 tahun; dan pasien 293 seorang perempuan usia 35 tahun.

Dua pasien dengan riwayat perjalanan Palembang yakni pasien 294, perempuan usia 39 tahun; dan pasien 295, perempuan usia 67 tahun.

"Pasien 296 seorang laki-laki usia 45 tahun riwayat kontaknya hasil screening di rumah sakit dengan pemeriksaan tes cepat molekuler," kata Johansyah.

Dengan tambahan tujuh kasus baru itu total kasus positif Covid-19 di Jambi berjumlah 296 orang. Pasien sembuh tidak mengalami penambahan, masih 137 orang. Sedangkan pasien meninggal berjumlah lima orang.

Sepekan terakhir terjadi peningkatan jumlah pasien positif Covid-19 di Jambi.

Johansyah menyampaikan tim gugus tugas terus mengimbau kepada masyarakat Provinsi Jambi untuk menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dalam setiap aktivitas.

"Dengan peningkatan kasus Covid-19 di Jambi, masyarakat harus disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan," jelasnya.

Selain itu, tim gugus tugas melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jambi sedang menyiapkan rapid test massal. Sedikitnya 15.000 rapid test disiapkan untuk menemukan potensi penyebaran Covid-19 di Jambi.

"Dengan harapan bisa mencegah penyebaran Covid-19 di Provinsi Jambi," ujar Johansyah.

(epu/wis)

[Gambas:Video CNN]