Koalisi Terbanyak PDIP di Pilkada 2020 Golkar, Bukan Gerindra

CNN Indonesia | Jumat, 28/08/2020 16:42 WIB
PDIP paling banyak berkoalisi dengan Golkar di Pilkada Serentak 2020, yakni di 46 daerah, sementara dengan Gerindra hanya terjalin di 33 daerah. Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristianto. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Rekan koalisi terbanyak Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Pilkada Serentak 2020 bukan Partai Gerindra, melainkan Partai Golkar.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan koalisi banteng-beringin terjadi 46 daerah dari 270 daerah yang menggelar pilkada serentak . Sementara dengan Gerindra, koalisi terjadi di 33 daerah.

"[Kerja sama dengan] Gerindra 33," kata Hasto dalam konferensi pers yang berlangsung daring, Jumat (28/8).


Di bawah Golkar, katanya, ada PKB dengan jumlah koalisi yang terjalin sebanyak 37 daerah, kemudian PAN dengan jumlah koalisi sebanyak 34 daerah.

Di peringkat kelima, ujar Hasto, duduk Partai Demokrat dengan jumlah koalisi yang terjalin sebanyak 32 daerah, menyusul PPP sebanyak 19 daerah, serta PKS sebanyak 13 daerah.

"Kerja sama dengan parpol dilakukan dengan baik dari keseluruhan yang sudah diumumkan, mengingat PDIP mempunyai komitmen dalam membangun semangat gotong royong maka kerja sama dengan parpol dilakukan," ucap Hasto.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengatakan partainya paling banyak berkoalisi dengan PDIP pada Pilkada Serentak 2020.

Hal itu disampaikan Prabowo usai menyerahkan rekomendasi calon yang diusung partainya pada Pilkada Tangsel di kediamannya Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (20/7) lalu.

"Yang penting PDIP yang paling banyak," kata Prabowo.

(mts/osc)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK