Polisi Ringkus Sopir Pembobol Ribuan Dollar di Tangsel

CNN Indonesia | Selasa, 08/09/2020 03:31 WIB
Pelaku berinisial EH membobol brankas dan mencuri uang US$45 ribu milik majikannya di Tangerang Selatan. Ilustrasi kepolisian menangkap tersangka pencurian (Istockphoto/BrianAJackson)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polres Tangerang Selatan meringkus seorang sopir berinisial EH terkait pencurian uang sebesar US$45.000 dari brankas di sebuah apartemen di wilayah Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten.

Kapolres Tangerang Selatan AKBP Iman Setiawan mengatakan aksi EH itu dilakukan pada 14 Juni lalu. Korbannya merupakan bos atau majikan dari tersangka.

"Satu orang tersangka adalah seorang sopir dengan inisial adalah saudara EH yang bekerja sebagai supir pada korban. Korban mengalami kerugian kurang lebih 45 ribu USD," kata Iman kepada wartawan, Senin (7/9).


Aksi pencurian itu bermula saat EH mencuri akses masuk apartemen korban yang tertinggal di mobil. Akses itulah yang kemudian dimanfaatkan tersangka untuk masuk ke unit apartemen.

"Kemudian mengakses tempat-tempat penyimpanan di sana kemudian mengambil uang tersebut," ujar Iman.

Setelah berhasil mendapatkan uang, tersangka lalu menukarkan Dollar AS itu ke mata uang Rupiah. Uang rencananya digunakan oleh tersangka EH untuk membuat usaha bengkel.

Sebelum berhasil diringkus, EH sempat melarikan diri ke Palembang, Sumatera Selatan. Polisi pun akhirnya berhasil meringkus EH di sana.

Selain meringkus EH, polisi juga turut menangkap tersangka lainnya berinisial AS. Dia diketahui turut membantu EH dalam melakukan aksi pencurian.

"Bersama-sama dengan tersangka EH pada saat mengambil uang di unit apartemen tersebut," ucap Iman.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman pidana penjara selama tujuh tahun.

(dis/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK