Viral Keturunan PKI, Arteria Dahlan Klaim Keluarga Masyumi

CNN Indonesia | Rabu, 09/09/2020 14:03 WIB
Usai viral ucapan bahwa kakeknya merupakan anggota PKI Sumbar, Politikus PDIP Arteria Dahlan membantahnya dan mengklaim berasal dari keluarga Masyumi. Anggota DPR dari Fraksi PDIP Arteria Dahlan mengklaim berasal dari keluarga Masyumi. (Foto: Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Politikus PDI-Perjuangan Arteria Dahlan membantah dirinya merupakan keturunan dari pendiri Partai Komunis Indonesia (PKI) Sumatera Barat dan mengklaim berasal dari keluarga Masyumi.

Bantahan itu disampaikannya menanggapi pernyataan tokoh pers Sumatera Barat, Hasril Chaniago, dalam sebuah acara bincang-bincang bertajuk 'Sumbar Belum Pancasilais' yang ditayangkan salah satu televisi swasta, pada Selasa (8/9) malam.

"Kakek saya itu pedagang dua-duanya, dari ayah pedagang. Nenek saya tokoh Masyumi. Keluarga kami kan Masyumi," kata dia, saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (9/9).


Menurut dia, pernyataan Hasril pada acara itu adalah dalam konteks analogi pada keluarga di Minang yang bisa berbeda-beda pilihan dalam urusan politik, seperti memilih Masyumi, PKI, hingga Partai Nasional Indonesia (PNI).

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa kakeknya bernama Dahlan dan Abdul Wahab, bukan Bachtarudin seperti yang disebut Hasril pada acara itu.

"Jadi itu salah kutip. Itu dia menganalogikan satu rumah," ucap dia.

Pada sebuah acara talk show Selasa (8/9) malam. Tokoh Pers Sumatera Barat, Hasril Chaniago menyinggung soal kakek Arteria saat menjelaskan tentang Pemilu 1955 dan urutan parpol pemenangnya.

"Masyumi bisa mengantarkan satu wakil, masih kakek Arteria ini, namanya Bachtarudin," kata dia, disambut senyum Arteria yang hadir dalam acara itu.

"Dalam saatu keluarga di Minangkabau itu bisa lahir berbagai aliran politik. Dia masih ada garis keturunannya dengan Rasuna Said. Masyumi, Arteria Dahlan ini mamaknya Bachtarudin, kakeknya itu, Bachtarudin itu pendiri PKI Sumatra Barat Anggota Konsituante setelah 1955. Jadi menerima perbedaan itu malah dalam satu keluarga," urainya.

Partai Masyumi merupakan partai Islam terbesar di era Pemilu 1955 atau era demokrasi liberal. Saat itu, partai yang pernah digawangi Mohammad Natsir ini meraih posisi kedua di bawah PNI dengan tokohnya Sukarno.

Seusai acara bincang-bincang itu, warganet kemudian ramai memperbincangkan bahwa Arteria adalah keturunan PKI.

Acara itu sendiri digelar terkait ujaran Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang menanyakan dukungan Sumbar terhadap negara Pancasila dalam pemberian rekomendasi terhadap pasangan bakal pasangan calon di Pilkada Sumbar 2020, Mulyadi-Ali Mukhni.

(yoa/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK