Anies Tetapkan RSUD Pasar Minggu dan Cengkareng Khusus Covid

CNN Indonesia | Kamis, 10/09/2020 10:07 WIB
Anies Baswedan menambah rumah sakit khusus pasien Covid-19 yaitu RSUD Pasar Minggu dan Cengkareng. Pasien non-covid-19 akan dialihkan. Anies Baswedan menambah rumah sakit khusus pasien Covid-19 yaitu RSUD Pasar Minggu dan Cengkareng. Pasien non-covid-19 akan dialihkan. (ANTARA FOTO/FAUZAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal menjadikan dua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu dan Cengkareng menjadi rumah sakit yang sepenuhnya melayani pasien khusus Covid-19

Dengan begitu, nantinya pasien non-Covid-19 akan dialihkan untuk menjalani perawatan di rumah sakit lain. 

"Ke depan kita jadikan RSUD Pasar Minggu dan RSUD Cengkareng diubah menjadi RS khusus Covid-19," kata Anies dalam konferensi pers penetapan PSBB DKI Jakarta, Rabu (9/9) petang.


Selain itu, merespons kenaikan kasus positif covid-19 yang terus meningkat, pihaknya juga bakal menambah tenaga kesehatan (nakes), guna mengantisipasi kondisi yang makin kritis.

Anies menyatakan pihaknya bakal memberikan perhatian dan perlindungan ekstra terhadap para nakes, mengingat angka kematian tenaga ahli kesehatan juga telah lebih dari 100 orang.

Berdasarkan data per Rabu (9/9), Jakarta kembali menjadi provinsi yang memiliki jumlah kumulatif kasus positif Covid-19 terbanyak, yakni mencapai 49.837 kasus. Dari jumlah itu, ditemukan kasus aktif sebanyak 11.245 kasus, 37.245 sisanya telah pulih, serta 1.347 orang dinyatakan meninggal dunia.

"Kami baru saja merekrut 1.174 tenaga kesehatan profesional dan terus akan kami tambah," imbuhnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan  memantau new normal  masa transisi PSBB di kawasan Stasiun MRT  Sudirman dan Dukuh Atas, Jakarta 8 Juni 2020.Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri). (CNN Indonesia/Safir Makki)

Oleh sebab itu, ia berharap kebijakan teranyar untuk kembali memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dapat menekan laju penyebaran virus corona di Ibu Kota, sehingga hal tersebut juga berimplikasi terhadap beban nakes yang berkurang.

Anies memprediksi kapasitas tempat tidur isolasi pasien Covid-19 di rumah sakit akan penuh pada 17 September mendatang apabila PSBB tak diterapkan. Bahkan dengan skenario penambahan kapasitas tampung RS, ia tetap memproyeksikan daya tampungnya juga terbatas.

Sebelumnya, Anies resmi menerapkan PSBB kembali sebagai langkah rem darurat terkait penanggulangan pandemi virus corona. PSBB total ini akan berlaku mulai Senin (14/9) mendatang.

Dengan penerapan PSBB tersebut, terhitung mulai 14 September semua kantor di Jakarta diharuskan menerapkan bekerja dari rumah kembali secara penuh.

Selain, itu Anies juga kembali akan menutup tempat-tempat rekreasi atau hiburan, termasuk restoran. Ia pun meminta agar tempat ibadah di zona merah DKI supaya ditutup.

(khr/pmg)

[Gambas:Video CNN]