Jokowi Berduka Sekda DKI Saefullah Meninggal Dunia

CNN Indonesia | Rabu, 16/09/2020 15:52 WIB
Jokowi menyampaikan duka cita atas meninggalnya Sekda DKI Saefullah karena covid-19. Saefullah terlibat dalam penataan Tanah Abang saat Jokowi gubernur DKI. Presiden Joko Widodo bersama Sekda DKI Saefullah. (Foto: Widodo S. Jusuf)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo menyampaikan ungkapan duka cita atas kepergian Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah yang meninggal dunia akibat covid-19.

Ungkapan duka cita ini disampaikan melalui Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam pesan singkat, Rabu (16/9).

"Saya atas nama bapak Presiden RI mengucapkan turut berduka cita yang mendalam atas berpulangnya almarhum bapak Saefullah, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta," kata Heru.


Heru menuturkan, Saefullah adalah sosok sahabat sekaligus rekan kerja yang baik. Saefullah sempat menjabat sebagai wali kota Jakarta Pusat di awal pemerintahan Jokowi sebagai gubernur DKI pada 2012.

"Kami semua mendoakan semoga almarhum wafat dalam keadaan husnul khotimah, diterima semua amalam semasa hidupnya, serta diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT," ucapnya.

Heru juga menyampaikan doa pada keluarga Saefullah agar selalu diberi ketabahan dan kekuatan.

Saefullah meninggal dunia setelah sebelumnya menjalani perawatan intensif karena covid-19. Kabar ini disampaikan langsung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui keterangan tertulis.

Anies menyebut Saefullah sebagai pribadi yang shaleh. Ia meminta masyarakat turut mendoakan almarhum.

Saefullah diangkat menjadi sekda oleh Basuki Tjahaja Purnama yang saat itu menjadi gubernur, menggantikan Jokowi. Di era pemerintahan Jokowi, Saefullah sempat ambil bagian dalam penataan kawasan Tanah Abang. 

Ia memulai kariernya di ibu kota sebagai guru. Usai menjalani profesi menjadi guru, Saefullah kemudian masuk dalam jajaran birokrasi di Pemprov DKI Jakarta.

Ia kemudian diangkat menjadi Kepala Suku Dinas Pendidikan Dasar Jakarta Barat pada 2003 hingga 2004. Ia naik kelas dan Wakil Kepala Dinas Pendidikan Dasar DKI Jakarta pada tahun 2008. Putra asli Betawi ini juga sempat menyeberang menjadi Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda DKI Jakarta pada 2009 hingga 2010.

Saefullah juga sempat dilirik Partai Gerindra untuk menjadi pendamping Anies usai ditinggal Sandiaga Uno. Saefullah juga aktif menghadapi publik untuk menjelaskan permasalahan mulai dari kisruh revitalisasi Monas hingga soal banjir di awal 2020.

(psp/pris)

[Gambas:Video CNN]