Fachrul Razi, Menteri Ketiga Jokowi yang Positif Covid-19

CNN Indonesia | Senin, 21/09/2020 10:21 WIB
Sebelumnya, Menhub Budi Karya Sumadi dan Menteri KKP Edhy Prabowo sudah lebih dulu dinyatakan positif corona dan menjalani perawatan. Menteri Agama Fachrul Razi jadi menteri ketiga dalam Kabinet Indonesia Maju yang positif terinfeksi virus corona (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Agama Fachrul Razi menambah rentetan pejabat tinggi negara dalam Kabinet Indonesia Maju di bawah Presiden Joko Widodo yang positif virus terinfeksi virus corona (Covid-19).

Fachrul menjadi menteri ketiga yang terinfeksi corona setelah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Menhub Budi Karya Sumadi menjadi menteri pertama Jokowi yang pernah terinfeksi virus corona pada 14 Maret 2020 silam.


Budi Karya sempat dirawat secara intensif selama sebulan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta akibat virus tersebut. Budi sudah dinyatakan sembuh dari infeksi corona pada 25 April 2020 lalu.

Baru-baru ini, Menteri KKP Edhy Prabowo juga sempat dinyatakan positif virus corona. Eks Jubir Menteri KKP Miftah Sabri membenarkan bahwa Edhy sempat dirawat di ICU RSPAD setelah dinyatakan terinfeksi Covid-19.

Politikus Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa hasil tes usap atau swab test Edhy Prabowo sudah menunjukkan hasil negatif corona 16 September 2020 lalu.

Untuk Fachrul Razi, Staf Khusus Kevin Haikal menyatakan Menag saat ini dalam kondisi fisik yang baik. Ia menjelaskan bahwa mantan Wakil Panglima TNI itu telah menjalani tes swab pada tanggal 17 September 2020 dan hasilnya positif corona.

"Namun, alhamdulillah kondisi fisik beliau hingga saat ini terpantau baik, tidak ada gejala-gejala mengkhawatirkan," kata Kevin di dalam keterangan resminya, Senin (21/09).

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Agama, Oman Fathurahman menyatakan Fachrul kini tengah fokus menjalani proses isolasi dan pemulihan kesehatan.

Untuk pelaksanaan tugas birokrasi, lanjut Oman, Fachrul sudah mendelegasikannya kepada Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Saadi dan memberi arahan kepada para pejabat terkait.

Diketahui, jadwal kerja Fachrul sebagai Menteri Agama belakangan ini terbilang cukup padat. Sebelum terinfeksi corona, Fachrul sempat menggelar rapat kerja dengan DPR pada tanggal 8 November 2020 lalu. Baru-baru ini, Fachrul melakukan kunjungan kerja ke Pulau Lombok selama dua hari dari tanggal 16-17 November 2020.

Berdasarkan data yang dihimpun Satuan Tugas Penanganan Covid-19, ada 244.676 kasus positif di Indonesia per Minggu kemarin (20/9). Dari jumlah tersebut, 177.327 di antaranya sembuh dan 9.553 meninggal dunia.

(rzr/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]