Petinggi Gerindra: Menteri Edhy Prabowo Sudah Negatif Corona

CNN Indonesia | Rabu, 16/09/2020 20:17 WIB
Menteri Edhy Prabowo sempat dirawat di ICU, namun kini keadaannya sudah berangsur baik dan dinyatakan negatif corona usai tes swab. Petinggi Gerindra menyatakan Menteri KKP Edhy Prabowo sudah dinyatakan negatif virus corona (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Politikus Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa hasil tes usap atau swab test Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sudah menunjukkan hasil negatif virus corona (Covid-19).

Menurutnya, hal tersebut ia ketahui setelah melakukan panggilan telepon dengan Edhy pada Rabu (16/9) malam. Dia pun berkata kondisi Edhy sudah sehat.

"Lima menit lalu saya sudah lakukan komunikasi via telepon dengan saudara Edhy Prabowo, dan saudara Edhy Prabowo dalam kondisi merasa keadaannya sehat dan sudah makan enak dan alhamdulilah hasil swab sudah negatif," kata Dasco dalam rekaman suara yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (16/9).


Dia mengakui, Edhy sempat menjalani perawatan di Unit Perawatan Intensif (Intensive Care Unit/ICU) Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

Namun, menurutnya, hal itu dilakukan agar Edhy mendapatkan perawatan yang lebih baik dan dalam kondisi Edhy yang sadarkan diri.

"Saudara Edhy Prabowo pertama ditangani oleh RS Polri dan lalu kemudian dipindahkan ke RSPAD. Saudara Edhy Prabowo kemudian dirawat secara intensif dan keadaannya sekarang baik-baik saja, memang sempat dimasukkan di ICU dengan tujuan perawatan lebih baik dan dalam keadaan sadar," ujarnya.

Sebelumnya, eks Jubir Menteri KKP Miftah Sabri membenarkan bahwa Edhy sedang dirawat di ICU RSPAD setelah dinyatakan terinfeksi Covid-19.

Ia menyebut kabar tersebut didapatnya saat berkomunikasi dengan Edhy pada Selasa (15/9), kemarin. Miftah menyebut konfirmasi diberikan agar tak ada kabar simpang-siur soal keadaan Menteri KKP terbaru.

"Beliau meminta kepada tim dokter untuk dipindahkan ke Paviliun Kartika saja, supaya bisa ICU dipakai untuk yang lain, tapi tim dokter belum mengizinkannya, dan mengharuskan Menteri Edhy untuk tetap di ICU supaya jika terjadi sesuatu kondisi yang menurun secara tiba-tiba tidak perlu lagi mencari ruangan," katanya kepada CNNIndonesia.com lewat pesan singkat, Rabu (16/9).

(mts/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]