Guru Besar Universitas Udayana Dewa Wirawan Meninggal Dunia

CNN Indonesia | Selasa, 22/09/2020 14:34 WIB
Profesor Wirawan merupakan salah satu profesional medis pertama yang merawat orang dengan HIV-AIDS di Indonesia. Ilustrasi. (Foto: Istockphoto/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Bali, Profesor Dewa Nyoman Wirawan meninggal dunia pada usia 71 tahun.

Kabar tersebut disampaikan melalui akun twitter resmi Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Udayana pada Selasa (22/9).


"Prof Wirawan adalah tokoh kesehatan masyarakat dunia. Sosok yang sangat teliti, pekerja keras, konsisten, sangat idealis dalam menerapkan kaidah-kaidah ilmiah. Pahlawan kesmas sejati. Kita semua sangat kehilangan dan akan selalu merindukan sosok beliau. Selamat jalan Prof," kutip akun @UdayanaSPH.

Profesor Wirawan mendapat gelar dokter pada 1975. Kemudian pada 1979 dia memperoleh gelar Master of Public Health (MPH) di University of Hawaii.

Berdasarkan informasi pada laman resmi Universitas Udayana, Profesor Wirawan merupakan salah satu profesional medis pertama yang merawat orang dengan HIV-AIDS di Indonesia.

Profesor Wirawan mengabdikan dirinya untuk menangani masalah kesehatan seksual. Ia mendirikan Yayasan Kerti Praja, yang memberikan pendidikan dan menangani masalah kesehatan seksual dan reproduksi di masyarakat.

Yayasan itu juga fokus pada penanganan orang-orang beresiko tertular penyakit HIV/AIDS seperti pekerja seks perempuan, transgender, dan pengguna narkoba.

Dia juga dikenal sebagai ahli epidemiologi dan mantan Ketua Program Pasca Sarjana Kesehatan Masyarakat. Semasa hidupnya, ia aktif mengajar sebagai Dosen Senior di Departemen Preventif Kedokteran FK Unud. Selain itu, ia juga tetap aktif dalam kegiatan penelitian dan pengajaran yang berkonsentrasi pada epidemiologi lapangan dan metodologi penelitian.

(mln/ain)

[Gambas:Video CNN]