Bekasi Mulai Pakai Stadion Candrabhaga Isolasi Pasien Corona

CNN Indonesia | Rabu, 23/09/2020 22:45 WIB
Pemkot Bekasi mulai menggunakan Stadion Patriot Candrabhaga untuk mengisolasi pasien corona tanpa gejala. Pemkot Bekasi mulai menggunakan Stadion Patriot Candrabhaga untuk mengisolasi pasien corona tanpa gejala. Ilustrasi. CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mulai menggunakan Stadion Patriot Candrabhaga untuk isolasi mandiri pasien covid-19 tanpa gejala. Stadion itu sebelumnya dipakai sebagai pusat gugus tugas percepatan penanganan Covid-19.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan salah satu blok Stadion Patriot yang kini sudah digunakan untuk merawat pasien covid-19 adalah gate 13. Lokasi itu sebelumnya melayani penyediaan rapid test dan ruang dari pelayanan Dinas Kesehatan Kota Bekasi.

Ruangan dinas kesehatan dan layanan rapid test kini dipindah ke gate 7 Stadion.


"Bagi warga Kota Bekasi yang terpapar dengan kasus ringan dan tidak adanya penyakit bawaan (comorbid), serta rumahnya tidak representatif akan dibawa dan dikhususkan penangananya di area Stadion PCB Kota Bekasi," ujar Rahmat dalam keterangannya, Rabu (23/9).

Rahmat menyebut bahwa di gate tersebut pihaknya telah menyediakan sejumlah fasilitas layanan kesehatan untuk merawat pasien, seperti 1 Unit Gawat Darurat (UGD), lima ruang isolasi, dan 11 kamar tidur yang masing-masing bisa menampung lima pasien.

Sedangkan, gate 12 yang sebelumnya menjadi kantor Rahmat sekaligus sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid 19, dipindah ke Gate 19 Stadion.

"Dimaksudkan dengan pindahnya ruang tersebut, agar diantara gate yang sebelumnya menjadi kantor akan difokuskan dan ditambah penempatan khusus isolasi mandiri warga," ucap Rahmat.

Selain stadion itu, Pepen, sapaan karib Rahmat, menyebut pihaknya juga telah menyiapkan Green Hotel yang berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani sebagai lokasi alternatif lain untuk merawat pasien covid-19 yang melakukan isolasi mandiri.

Dia mengatakan, Green Hotel telah menyediakan 90 ruangan yang nantinya dapat digunakan untuk merawat para pasien covid-19. Dari jumlah itu, masing-masing ruangan nantinya dapat menampung maksimal dua pasien.

Pepen menyebut, Green Hotel dan Stadion Patriot penting disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan kasus covid-19 di Kota Bekasi yang saat ini sebagian besar dirawat di RSUS Chasbullah.

"Telah disediakan RSUD dr. Chasbullah yang menjadi rujukan pertama dan ada penyakit comorbid jadi dikhususkan untuk pasien itu, RSUD Tipe D yang juga siap sekitar 30 sampai 40 bed, RS Swasta juga akan membantu Pemerintah, ditambah dengan Stadion Patriot Candrabhaga yang memiliki 57 bed," kata dia.

(thr/agt)