Kadinkes Sumbar dan Dirut RSUD Bukittinggi Positif Covid-19

CNN Indonesia | Kamis, 24/09/2020 12:34 WIB
Kadinkes Sumbar Arri Yuswandi dan Dirut RSUD Bukittinggi tak mengalami gejala berat meski positif covid-19. Foto ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Padang, CNN Indonesia --

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumatera Barat Arry Yuswandi dan Direktur Utama RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi, Khairul Said dinyatakan positif Covid-19. Arry tidak mengalami gejala klinis sementara Khairul mengalami gejala ringan berupa batuk.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal mengatakan saat ini Arry menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Kondisi kesehatannya bagus dan imunnya meningkat.

"Belum diketahui dari mana Pak Arry tertular Covid-19. Yang jelas, beliau pergi kunjungan kerja bersama rombongan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, ke Kabupaten Pasaman beberapa hari yang lalu," kata Jasman di Padang, Kamis (24/9).


Wagub Sumbar Nasrul Abit sendiri sudah dites swab dan hasilnya negatif.

Gugus Covid-19 Sumbar juga sudah melakukan pelacakan dan penelusuran di daerah yang dikunjungi rombongan wagub Sumbar tersebut. Selain itu, pihaknya melakukan tes swab terhadap semua pegawai Dinas Kesehatan Sumbar.

"Kantor Dinas Kesehatan Sumbar tidak ditutup karena tidak melakukan layanan secara langsung kepada masyarakat. Pegawainya pun sebagian bekerja dari rumah," ucapnya.

Dihubungi secara terpisah, Dirut RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi, Khairul Said, mengatakan bahwa ia mengalami gejala klinis batuk ringan. Meskipun demikian, ia mengaku bahwa kondisinya baik-baik saja.

"Saya melakukan isolasi mandiri di rumah. Hari ini semua anggota keluarga saya menjalani tes swab," katanya.

Khairul belum mengetahui pasti dari mana ia tertular Covid-19. Menurutnya, ia tidak tertular dari rumah sakit tempatnya bekerja. Ia menduga bahwa ia tertular dari temannya di Padang.

"Temannya saya di Padang dinyatakan positif Covid-19. Saya memang melakukan perjalanan beberapa kali ke Padang. Sepulang dari Padang, saya tes swab. Kemarin hasilnya keluar positif," tuturnya.

Ia menambahkan bahwa jumlah pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi saat ini kurang dari 40 orang.

(adb/sur)

[Gambas:Video CNN]