Panglima TNI Perintahkan Prajurit 3 Matra Amankan Pilkada

CNN Indonesia | Selasa, 29/09/2020 10:51 WIB
Panglima Hadi Tjahjanto meminta seluruh jajarannya membantu pengamanan gelaran Pilkada di tengah Covid-19, namun tetap harus menjaga netralitas TNI. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto perintahkan seluruh jajarannya baik dari matra Angkatan Darat, Angkatan Laut, maupun Angkatan Udara guna membantu Pemerintah Daerah, KPU dan Bawaslu berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 yang digelar di tengah pandemi Covid-19.

Dia meminta seluruh jajaran TNI membantu mengamankan gelaran Pilkada demi menekan penularan Covid-19 dengan tetap memastikan netralitas TNI dalam pesta demokrasi tingkat daerah itu.

Hadi juga meminta agar bawahannya segera membuat posko gabungan terpadu sebagai wadah koordinasi berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada serentak ini.


"Bentuk Posko Gabungan Terpadu sebagai wadah koordinasi seluruh pemangku kepentingan dalam pengamanan pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak dan Penegakan Displin Protokol Kesehatan dalam penanganan pandemi Covid-19," kata Hadi yang dikutip dari Siaran Pers Puspen TNI yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (29/9).

Pernyataan itu disampaikan Hadi dalam rapat internal yang digelar melalui video teleconference bersama seluruh jajaran TNI. Hadi dalam rapat tersebut meminta agar semua bawahannya di lingkungan TNI bisa mengoptimalkan tugas yang diamanatkan dalam Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020.

Dalam Inpres tersebut, Presiden secara langsung meminta TNI berkerjasama dengan Polri mengamankan dan ikut terjun langsung dalam penanganan dan pendisiplinan protokol kesehatan Covid-19 di masyarakat.

"Bangun koordinasi yang baik dengan Polri, Pemda dan instansi terkait. Laksanakan sosialisasi Pilkada Serentak tahun 2020 tanpa kerumunan dan pengerahan massa di bawah koordinasi Pokja Bawaslu dari tingkat pusat sampai daerah," kata Hadi.

Jebolan Sekolah Penerbang TNI AU pada 1987 silam itu pun meminta seluruh jajarannya terus bersinergi dengan anggota Polri dalam hal penanganan protokol kesehatan di masyarakat. Dia menginstruksikan prajurit TNI melakukan pendekatan berbasis kearifan lokal agar pendisiplinan protokol kesehatan Covid-19 bisa diterima di masyarakat.

"Intensifkan pendekatan berbasis kearifan lokal untuk memenangkan hati dan pikiran rakyat sebagai modal utama mencapai keberhasilan operasi," katanya.

Pilkada serentak 2020 dilakukan di 270 daerah se-Indonesia. Hari pencoblosannya bakal dilakukan pada 9 Desember mendatang, di mana saat ini telah masuk masa kampanye sejak 26 September lalu.

(tst/kid)

[Gambas:Video CNN]