Nasdem Usung Mantan Napi Koruptor di Pilkada Sulut

CNN Indonesia | Rabu, 30/09/2020 10:56 WIB
Mantan narapidana kasus korupsi Vonnie Anneke Panambunan maju sebagai salah satu calon gubernur Sulawesi Utara berbekal dukungan NasDem. Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu calon gubernur Sulawesi Utara, Vonnie Anneke Panambunan, berstatus sebagai mantan narapidana kasus korupsi. Vonnie berpasangan dengan Hendry Corneles Mamengko Runtuwene dan diusung oleh Partai NasDem.

Politikus Partai Nasdem itu kini menjabat Bupati Minahasa Utara periode 2016-2021. Ia sebelumnya juga memangku jabatan yang sama pada 2005, tapi tak sampai tuntas.

Pada tahun 2008, Vonnie terseret kasus kasus korupsi. Pengadilan Tipikor menilai Vonnie memanfaatkan jabatannya serta hubungan baik dengan Bupati Kutai Kartanegara Syaukani HR untuk meloloskan PT MDI sebagai pelaksana proyek pembangunan Bandara Loa Kulu.


Akibat perbuatannya, Vonnie dihukum 1,5 tahun penjara serta denda Rp100 juta atau subsider 6 bulan penjara. Barang bukti yang disita dalam kasus ini juga dikembalikan ke kas negara.

Setelah menjalani hukuman, Vonnie balik ke dunia politik dengan kembali mencalonkan diri di Pilbup Minahasa Utara. Berpasangan dengan Joppi Lengkong, ia mendapat sokongan dari Partai Gerindra, PKB, dan PKPI.

Pasangan VAP-Jo mengalahkan tiga paslon lainnya. Mereka memperoleh 41,77 persen suara sah dan dinyatakan menang pada Pilkada Serentak 2015.

Kala itu, Vonnie berkarier sebagai kader Partai Gerindra. Ia bahkan sempat menjabat Ketua DPD Partai Gerindra Sulawesi Utara. Namun pada 2018, Vonnie beralih ke Partai NasDem.

Ia menyatakan diri sebagai kader dalam Konsolidasi Partai Nasdem Sulut pada 21 Maret 2018. Keputusan itu pun disambut hangat Ketum Partai NasDem Surya Paloh. Surya sendiri yang memasangkan jas partai kepada Vonnie.

Pada Pilkada Serentak 2020, Vonnie berdampingan dengan Hendry Corneles Mamengko Runtuwene. Paslon nomor urut dua itu bakal bersaing dengan dua paslon lainnya.

Ada Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar di nomor urut satu. Perempuan yang hampir jadi menteri di kabinet periode kedua Presiden Jokowi itu diusung oleh Golkar, PAN, dan Demokrat.

Di nomor urut tiga, ada Olly Dondokambey-Steven OE Kandouw. Pasangan petahana ini diusung koalisi enam partai politik yakni PDIP, Gerindra, PSI, PPP, PKB, dan Perindo.

(dhf/wis)

[Gambas:Video CNN]