Menang Pilkada, Crazy Rich Karawang Ingin Hapus Kemiskinan

CNN Indonesia | Kamis, 01/10/2020 14:04 WIB
Peserta Pilkada Karawang terkaya, Aep Saepulloh ingin mengentaskan kemiskinan dan pengangguran bersama pasangannya Cellica Nurrachdiana. Ilustrasi warga miskin (CNN Indonesia/ Yandhi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pasangan calon Cellica Nurrachdiana-Aep Saepulloh bertekad mengentaskan kemiskinan jika terpilih dalam Pilkada Kabupaten Karawang. Ada sejumlah misi yang akan ditempuh.

Diketahui, Aep Saepulloh merupakan calon bupati terkaya di Pilkada Karawang. Harta yang dia miliki hampir Rp400 miliar. Sementara Cellica adalah calon bupati petahana.

Cellica Nurrachadiana-Aep Saepuloh ingin Mewujudkan Karawang Mandiri, Bermartabat, dan Sejahtera untuk Semua. Salah satu misinya yaitu mewujudkan percepatan pengentasan kemiskinan dan pengangguran.


Prioritas pembangunan yang dicanangkan pasangan calon nomor urut 2 itu yakni program ekonomi kerakyatan yang berbasis potensi lokal serta ekonomi kreatif.

"Penguatan kebijakan pembangunan yang mendukung kegiatan produktif, penciptaan lapangan kerja layak, kewirausahaan, kreativitas dan inovasi, dan mendorong formalisasi dan pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah, termasuk melalui akses terhadap jasa keuangan," mengutip visi misi yang diunggah dari situs KPU Karawang.

Terkait program pengelolaan pemerintahan, Cellica-Aep akan melakukan reformasi kelembagaan birokrasi untuk pelayanan publik yang berkualitas, penguatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), penguatan tata kelola kependudukan, dan penguatan tata kelola perizinan.

Cellica merupakan calon petahana yang juga Bupati Karawang periode 2015-2020. Ia menggaet pengusaha asal Karawang Aep Saepuloh.

Harta kekayaan Aep itu telah tercatat dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di situs Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebesar Rp391.744.609.664. Harta terbesar Aep berupa tanah dan bangunan.

'Crazy Rich' Karawang itu punya 203 bidang tanah dan bangunan di Karawang, Purwakarta, Subang, serta Bekasi dengan total nilai Rp289,43 miliar.

Sementara itu, pasangan nomor urut 1 Yesi Karya Lianti-Ahmad Adly Fairuz bertekad Mewujudkan Karawang yang Peduli, Amanah, Dinamis, dan Inovatif.

Mereka ingin membuat masyarakat yang sejahtera, mandiri melalui pembangunan pada sektor pertanian, perindustrian serta sektor produktif lainnya.

Pengelolaan dan pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup juga akan dilakukan secara berkelanjutan serta pembangunan infrastruktur yang merata, dan pemanfaatan tata ruang yang berwawasan lingkungan.

Kemudian, paslon nomor urut 3 Ahmad Zamakhsyari-Yusni Rinzani mengusung visi Terwujudnya Masyarakat Karawang yang Maju, Mandiri, Sejahtera Lahir dan Batin.

Mereka ingin mengoptimalkan fungsi anggaran belanja daerah dalam pembangunan Kabupaten Karawang.

Mereka juga juga bertekad mengoptimalkan potensi sumber daya alam terutama pada sektor pertanian, perikanan dan pariwisata. Kelima, menggali potensi desa untuk percepatan capaian pembangunan Kabupaten Karawang.

(hyg/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]