PILKADA BANDUNG

Sahrul Gunawan Beri Guru Ngaji Rp100 M, Atep Bedah Rumah

CNN Indonesia | Rabu, 30/09/2020 19:31 WIB
Sahrul Gunawan juga menjanjikan Rp100 juta per RW, sementara Atep ingin bedah rumah warga yang tak layak huni. Peserta Pilkada Kabupaten Bandung 2020, Sahrul Gunawan dan Atep saling beradu program (CNN Indonesia/Artho Viando dan CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tiga pasangan calon Pilkada Kabupaten Bandung 2020 beradu janji kampanye. Tiap paslon menawarkan program unggulan, mulai dari bantuan operasional RW dengan nominal ratusan juta hingga bedah rumah warga yang sudah tidak layak dihuni.

Paslon nomor urut tiga Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan menjanjikan bantuan bagi setiap RW senilai Rp100 juta. Ada pula bantuan modal kerja bagi koperasi primer guna memulihkan perekonomian pascapandemi.

"Memberikan bantuan bantuan Rp100.000.000 setiap RW," mengutip dari dokumen visi-misi Dadang-Sahrul.


Duet politikus-artis ini juga menyodorkan program "One Hafidz One Village". Mereka juga menjanjikan insentif minimal Rp100 miliar bagi guru ngaji. Mereka pun ingin ada 1 hafiz atau penghafal Alquran per desa.

Sementara itu, paslon nomor urut 2 Yena Iskandar Masoem-Atep menawarkan program bedah rumah. Mereka menjanjikan memperbaiki rumah warga yang sudah tidak lagi layak huni.

"Memberi stimulan bantuan rumah swadaya/bedah rumah pada rumah-rumah tidak layak huni," ujar Yena-Atep dalam dokumen visi-misi mereka.

Duet politikus-pesepak bola ini juga menjanjikan pembangunan jaringan air bersih bagi wilayah padat penduduk, lingkungan bersih sampah, dan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman.

Paslon nomor urut 1, Kurnia Agustina-Usman Sayogi, menawarkan puluhan program sebagai turunan 19 misi mereka. Salah satunya adalah program 1 ustaz 1 RW dalam misi meningkatkan budaya literasi dan digitalisasi informasi.

"1 ustaz 1 RW yang dibuat untuk meningkatkan literasi warga desa yang ikut dalam pengajiannya. Para murid bisa diberi tugas untuk membaca buku yang berkaitan dengan keagamaan. Sumber dana bisa diambil dari APBD untuk pelatihan, pembekalan, dan juga eksekusi lapangan," tulis Kurnia-Usman dalam dokumen visi-misi mereka.

Paslon petahana juga menawarkan program pembangunan perpustakaan desa guna meningkatkan minat baca warga. Selain itu, mereka berambisi menghadirkan akses internet ke seluruh penjuru Kabupaten Bandung dengan wifi gratis di ruang publik serta rumah susun murah dan angkutan gratis untuk pegawai honorer.

Pilkada Kabupaten Bandung, Jawa Barat akan diikuti oleh tiga paslon. Kurnia-Usman diusung oleh Partai Golkar dan Partai Gerindra, Yena-Atep diusung oleh PDIP-PAN, serta Dadang-Sahrul diusung Nasdem-Demokrat-PKS.

(hyg/dhf/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK