KPU Sebut 67 Paslon Pilkada Positif Covid-19 Sudah Sembuh

CNN Indonesia | Rabu, 14/10/2020 20:21 WIB
KPU menyebut 67 paslon di Pilkada 2020 yang sempat positif Covid-19 kini sudah dinyatakan sembuh. Komisioner KPU Evi Novida menyebut semua paslon yang positif Corona sudah sembuh. (Foto: CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Evi Novida Ginting Manik menyebut 67 pasangan calon (paslon) peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang sempat dinyatakan positif Covid-19 kini telah sembuh.

Mereka sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 saat proses pendaftaran paslon awal September.

"Ada 67 orang yang terkonfirmasi positif Covid ya. Itu yang dari masa pendaftaran, tapi sampai saat ini semuanya sudah negatif dan sudah ditetapkan menjadi pasangan calon," ujar Evi dalam diskusi daring, Rabu (14/10).


Evi mengakui, akibat kejadian itu, sejumlah paslon dirugikan karena masa kampanye yang diberikan KPU berkurang, terutama di awal masa kampanye dilakukan.

Kendati demikian, pihaknya telah mempersiapkan upaya mitigasi di sisa tahapan pilkada terutama di hari pemungutan dan perhitungan suara pada 9 Desember.

Meski tak sepenuhnya melarang agenda pertemuan dalam kampanye, KPU membatasi maksimal 50 orang dalam agenda yang mengumpulkan massa banyak.

Menurut Evi, langkah itu diambil sebab model kampanye daring tak sepenuhnya bisa dilakukan. Menurutnya, ada sejumlah daerah yang belum ditunjang oleh infrastruktur jaringan internet yang baik.

"Tidak semua juga jaringan tersedia di seluruh daerah gitu ya. Oleh karena itu kami masih membenarkan membatasi jumlah peserta yang ikut dalam kampanye tersebut, itu 50 orang saja. tapi dengan syarat-syarat tapi dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat," kata dia.

(thr/arh)

[Gambas:Video CNN]