Ambulans Bawa Makanan Liburan Nakes Kecelakaan di Maluku

CNN Indonesia | Jumat, 16/10/2020 05:27 WIB
Satu unit ambulans pembawa makanan kegiatan perpisahan tenaga kesehatan mengalami kecelakaan tunggal di Maluku. Satu unit ambulans pembawa makanan kegiatan perpisahan tenaga kesehatan mengalami kecelakaan tunggal di Maluku. Ilustrasi. (Istockphoto/ Rvimages).
Jakarta, CNN Indonesia --

Satu unit ambulans yang membawa makanan rombongan kegiatan perpisahan antar tenaga kesehatan (nakes), dokter, dan perawat mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Waihoyo, Desa Kawa, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat Maluku.

Kepala Dinas Kesehatan Seram Bagian Barat Anis Tapang yang dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut. Ia mengatakan ambulans itu kecelakaan usai mengantar makanan untuk acara perpisahan Dokter PTT ke Jakarta dan seorang tenaga Perawat yang tengah pensiun. Acara itu digelar pada hari libur di salah satu tempat rekreasi Air Putri, Desa Kawa, Kecamatan Seram, Kabupaten Seram Bagian Barat.

"Iya, benar mobil PKM Waimital kecelakaan. Jadi bukan disembunyikan namun tengah di perbaiki di bengkel," ucap Anis melaui pernyataan resmi, Kamis (15/10).


Anis berujar peristiwa tersebut tak memakan korban jiwa namun ambulans mengalami kerusakan berat dan tengah diperbaiki di bengkel. Ditambahkan, seluruh pembiayaan kerusakan ambulans ditanggung pihak Puskesmas Waimital, Kecamatan Kairatu, Seram Bagian Barat.

Terpisah, Kepala Puskesmas Waimital, Kecamatan Kairatu, Ali Wafa mengatakan kecelakaan ambulans puskesmas Waimital tengah dilaporkan ke Dinas Kesehatan Seram Bagian Barat.

Saat itu, kata dia Keluarga Besar Puskesmas Waimital tengah mengadakan acara syukuran perpisahan dengan seorang dokter PTT bernama dr Wilona yang pindah ke Jakarta dan seorang Perawat bernama Siti Latuamury yang tengah pensiun. Acara digelar di wisata Air Putri Waiyoho, Desa Kawa, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat.

"Jadi, ada 6 mobil disewa. Namun karena tak cukup, ambulans dipakai untuk membawa konsumsi ke tempat acara," ucap dia.

Ia mengklaim kegiatan tersebut sudah diketahui Dinas Kesehatan Seram Bagian Barat, bahkan undangan pelepasan juga dihadiri rombongan Dinkes.

"Alhamdulillah, sopir ambulans Jefri Bada pegawai Puskesmas selamat, namun kondisi ambulans rusak berat,"ujar dia saat dikonfirmasi, Kamis siang,

Saat ini, ambulans masih di perbaiki kerusakan di bengkel setelah mengalami kecelakaan tunggal saat hendak membawa makanan di acara perpisahan Nakes, Dokter dan Perawat di Wisata Air Putri, Desa Kawa, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat.

(sai/sfr)

[Gambas:Video CNN]