Jadwal KRL Kembali Normal, 'Anker' Bersuka Cita

CNN Indonesia | Senin, 19/10/2020 06:16 WIB
Sejumlah pengguna KRL menyambut baik jadwal KRL kembali normal seperti sebelum pandemi karena membuat pengguna punya tambahan pilihan jam pergi atau pulang. Sejumlah pengguna KRL senang jadwal keberangkatan kembali normal seperti sebelum pandemi. Ilustrasi (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Masyarakat yang biasa menggunakan KRL Commuter Line atau anak kereta (anker) menyambut bahagia penerapan jadwal KRL seperti sebelum pandemi virus corona (Covid-19). Mulai besok, KRL kembali beroperasi mulai pukul 04.00 WIB hingga jelang 24.00 WIB.

Koordinator Komunitas KRLmania Nurcahyo mengatakan jam operasional KRL yang panjang akan mengurangi penumpukan di stasiun. Sebelumnya KRL hanya beroperasi sampai pukul 20.00 WIB dan 22.00 WIB.

"Bagus seperti ini, jam normal lagi. Dari kemarin sudah banyak yang menanyakan kapan normal lagi. Kemarin-kemarin penumpang menumpuk sekali, kalau sekarang jadi ada pilihan," kata Nurcahyo kepada CNNIndonesia.com, Minggu (18/10).


Nurcahyo menyebut jam sibuk (peak hour) penumpang KRL terjadi pada pukul 06.00-08.00 WIB dan 17.00-19.00 WIB. Dengan jadwal yang kembali normal, penumpang jadi memiliki banyak pilihan untuk menggunakan KRL.

"Kemarin-kemarin itu kasihan, orang pada buru-buru, kalau sekarang jam normal itu lebih bagus, tidak menumpuk," ujarnya.

Lebih lanjut, Nurcahyo mengatakan masih banyak anggota dari Komunitas KRLmania yang menggunakan KRL saat beraktivitas sehari-hari. Misalnya, dari Depok, Tangerang, atau Bogor ke Jakarta.

Kendati jam operasi sudah normal, Nurcahyo mengingatkan agar KCI tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. Hal ini untuk meminimalisir potensi penularan Covid-19.

Senada, Riza (29) mengaku senang dengan keputusan KCI yang memperpanjang jam operasional mulai besok. Pasalnya, ia kerap memiliki urusan yang mengharuskan pulang malam.

Jika KRL hanya beroperasi sampai pukul 20.00 WIB atau 22.00 WIB, Riza akan terburu-buru saat pekerjaannya belum selesai. KRL sendiri menjadi transportasi andalannya jika hendak bepergian.

"Kalau batas akhir pukul 20.00 WIB, kemarin kan sempat begitu, itu agak sulit mengaturnya karena biasanya kalau ada urusan selesai malam," katanya.

Menurutnya, jadwal KRL yang kembali normal justru bisa membuat protokol kesehatan berjalan maksimal. Apalagi, kereta bertenaga listrik itu menjadi moda transportasi utama bagi pekerja dari kota pinggiran Jakarta, seperti Depok, Bogor, dan Bekasi.

"Kalau jadwalnya normal, lebih bisa menerapkan protokol kesehatan karena penumpang punya lebih banyak pilihan jam keberangkatan atau pulang," ujarnya.

Sebelumnya, Juru Bicara KCI Anne Purba menyatakan jam operasional KRL Commuter Line akan kembali normal pada Senin (19/10). KRL akan beroperasi mulai pukul 04.00 WIB hingga jelang 24.00 WIB atau seperti sebelum masa pandemi Covid-19.

Anne mengatakan KCI akan mengoperasikan 993 perjalanan setiap hari dengan 91 rangkaian kereta. Meski normal secara jam operasional, jumlah penumpang masih dibatasi terkait pandemi. Dalam tiap gerbong kereta, masih akan diisi 74 orang per kereta atau 40 persen dari kapasitas pengguna KRL.

(aud/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK