SATU TAHUN JOKOWI-MA'RUF

Massa Buruh Longmarch dari UI Salemba ke Istana

CNN Indonesia | Selasa, 20/10/2020 11:50 WIB
Aliansi Gerakan Buruh Bersama Rakyat (GEBRAK) berkumpul di depan UI Salemba sebelum longsmarch menuju Istana, Selasa (20/10). Ilustrasi massa pedemo Omnibus Law. (Foto: CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ratusan orang dari Aliansi Gerakan Buruh Bersama Rakyat (GEBRAK) berkumpul di depan Universitas Indonesia (UI) di kawasan Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (20/10) sebelum melakukan longmarch menuju Istana Kepresidenan Jakarta untuk berdemo menolak Omnibus Law Cipta Kerja

Pantauan CNNIndonesia.com, mereka mulai berkumpul sejak pukul 09.30 WIB, mereka berdatangan menggunakan sepeda motor dan angkutan umum.

Mereka datang dengan membawa berbagai atribut seperti bendera identitas organisasi masing-masing dan poster tuntutan menolak Omnibus Law.


Dari pantauan terlihat massa yang berkumpul berasal dari beberapa organisasi seperti Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI) hingga Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA).

Aparat kepolisian tampak berjaga di sekitar lokasi massa berkumpul.

Sekretaris Jenderal KASBI, Sunarno mengklaim akan ada sekitar 10 ribu massa dari KASBI dan aliansi Gebrak yang akan ikut aksi hari ini.

"Kami sudah intruksikan semua peserta aksi agar memakai masker, bawa handsanitizer, topi, dan lain-lain," kata dia kepada CNNIndonesia.com.

Rencananya, hari ini, sejumlah elemen masyarakat mulai dari butuh, petani, hingga mahasiswa akan menggelar aksi unjuk rasa di sekitar Istana Kepresidenan. Aksi digelar bertepatan dengan satu tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

Aksi turun ke jalan hari ini merupakan lanjutan gelombang protes masyarakat yang menolak Omnibus Law Cipta Kerja sejak disahkan DPR dan Pemerintah Senin (5/10).

(yoa/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK