Libur Panjang, Wagub Minta Warga DKI Tak Wisata Luar Kota

CNN Indonesia | Kamis, 22/10/2020 21:01 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengingatkan bahwa saat ini pandemi virus corona belum berakhir. Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berharap masyarakat tak pergi ke luar kota saat libur panjang di bulan Oktober demi menghindari penularan virus corona (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta agar masyarakat tidak melakukan perjalanan ke luar kota pada saat libur panjang pada 28 hingga 30 Oktober 2020 mendatang.

Imbauan itu ia ucapkan berkenaan dengan pandemi virus corona (Covid-19) yang belum usai. Kasus positif pun masih terus bertambah setiap hari.

"Memang kami minta kepada seluruh masyarakat sejauh mungkin tidak melakukan liburan ke luar kota. Biasanya yang terjadi itu ya libur ke sekitar Jakarta, Puncak, mungkin ke Anyer, Bandung, Bogor," kata Riza, Kamis (22/10).


Riza lalu mengingatkan bahwa tempat terbaik adalah di rumah dan tak bepergian ke luar kota. Dengan begitu, penularan virus corona bisa diminimalisir.

Riza lalu mengatakan Pemprov DKI Jakarta sudah mengadakan rapat untuk mengantisipasi peningkatan virus corona usai libur panjang. Rapat dilakukan bersama pemerintah pusat.

"Ya hati hati, sedapat mungkin tempat yang terbaik dalam masa pelonggaran seperti yang disampaikan Pak gubernur, juga saya sampaikan berkali kali tempat terbaik selama masa pelonggaran tetap berada di rumah," kata dia.

Riza mengamini PSBB yang dilonggarkan membuat masyarakat jadi lebih ingin keluar dari rumah hingga berujung peningkatan kasus positif virus corona baru.

Namun, dia tetap yakin masyarakat juga paham akan bahaya virus corona. Riza berharap masyarakat tetap berada di rumah jika tidak ada kegiatan penting yang harus dilakukan di luar.

"Kami minta melaksanakan protokol COVID-19. Pertama tetap berada di rumah kecuali penting. Kedua melakukan protokol covid. Ketiga yang tidak kalah penting meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh," terang dia.

Pemerintah menetapkan 28 Oktober dan 30 Oktober sebagai hari cuti bersama. Dengan begitu masyarakat dapat menikmati libur panjang hari Rabu (28/10) hingga Minggu (1/11).

Aturan tentang cuti bersama itu tercantum dalam Keputusan Presiden nomor 17 tahun 2020 tentang cuti bersama pegawai Aparatur Sipil Negara.

(ctr/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK