Aparat Tangkap 2 KKB Penyerang TGPF Intan Jaya Papua

CNN Indonesia | Selasa, 27/10/2020 03:08 WIB
Personel gabungan TNI dan Polri sempat kontak tembak sebelum menangkap dua anggota KKB di Intan Jaya. ilustrasi penangkapan pelaku (Keith Allison/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Personel gabungan TNI dan Polri menangkap dua orang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) bernama Hermanus Tigapau dan Ribnus Tigau usai kontak senjata di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua pada Senin (26/10).

Kedua anggota KKB itu diduga kuat turut berperan dalam penyerangan terhadap rombongan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Intan Jaya beberapa waktu lalu.

"Pada hari dan tanggal tersebut di atas pukul 05.00 WIT bertempat di Kampung Jalai, telah terjadi kontak tembak antara Tim gabungan TNI-Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Sabinus Waker," kata Kabid Humas Polda Papu, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal melalui keterangan resmi, Senin (26/10).


Kamal menjelaskan bahwa TNI dan Polri tak hanya menangkap Hermanus, tetapi juga berhasil melumpuhkan seorang anggota KKB bernama Rubinus Tigau.

Dalam kontak senjata itu, Kamal mengatakan KKB menggunakan senjata api rakitan. Kepolisian lantas memproses hukum pelaku yang telah ditangkap.

"Dua orang anggota KKB tersebut, terlibat dalam penembakan tim TGPF," kata dia.

Kamal menuturkan bahwa kelompok ini merupakan bagian dari pelaku penembakan yang seringkali membuat teror di wilayah PT Freeport. Mereka juga kerap melakukan perampokan dan penembakan di perlintasan jalur Freeport.

"Kehidupan sehari-hari dia mendatangi masyarakat melakukan pemerasan untuk dia dan kelompoknya. Masyarakat di luar Freeport sering diperas," pungkas dia.

Sebelumnya, rombongan TGPF Intan Jaya yang dibentuk Kemenko Polhukam sempat diserang oleh kelompok bersenjata beberapa waktu lalu. Tujuan mereka datang untuk melakukan investigasi lantas jadi terhambat.

(mjo/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK