Massa Demonstrasi Tolak Omnibus Law Bakar Ban di Patung Kuda

CNN Indonesia | Rabu, 28/10/2020 15:40 WIB
Aksi pembakaran ban dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Islam saat demonstrasi menolak Omnibus Law Cipta Kerja. Massa demonstrasi menolak Omnibus Law Cipta Kerja dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) membakar ban di kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu 28 Oktober 2020.(CNN Indonesia/Yogi Anugrah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Belasan massa demonstrasi menolak Omnibus Law Cipta Kerja dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) membakar ban di kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (28/10).

Pantauan CNNIndonesia.com, mereka awalnya berorasi di sekitar kawasan Patung Kuda dengan membentuk lingkaran. Mereka membentuk lingkaran tepatnya di sekitar lampu merah Jalan Medan Merdeka Barat.

Namun sekitar pukul 14.40 WIB, mereka langsung meletakkan tiga buah ban di tengah lingkaran yang dibuat. Tidak berapa lama, mereka langsung memantik api di atas ban itu.


"Tidak ada yang bisa melarang, ini negara Demokrasi kawan-kawan," kata orator saat api mulai besar dan asap membumbung.

Sementara di sisi lain, hingga berita ini ditulis, massa terus berdatangan ke area sekitar Patung Kuda. Mereka berasal dari berbagai kampus, organisasi, maupun serikat buruh.

Saat melakukan aksinya, berbagai massa ini menyebar di beberapa titik sekitar patung kuda. Sementara lalu lintas di sekitar Patung Kuda sebagian telah ditutup.

Demonstrasi pada Hari Sumpah Pemuda ini diketahui bakal melibatkan mahasiswa dan elemen buruh. Polda Metro Jaya menyiapkan lebih dari 12 ribu personel bertugas dan 8.000 personel cadangan untuk mengontrol situasi.

(yoa/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK