Moeldoko Jelaskan soal Sepeda Daniel Mananta

CNN Indonesia | Rabu, 28/10/2020 19:53 WIB
Kepala Staf Presiden Moeldoko bahwa menegaskan 15 sepeda donasi ditujukan kepada lembaga negara yaitu KSP, bukan ke Jokowi. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kantor Staf Kepresidenan menegaskan bahwa 15 sepeda donasi dari PT Roda Maju Bahagia kolaborasi dengan Damn! I Love Indonesia milik Daniel Mananta ditujukan kepada lembaga negara yaitu KSP.

Kepala Staf Presiden Moeldoko mengklarifikasikan hal tersebut karena terjadi kesalahpahaman di publik bahwa ke-15 sepeda lipat tersebut ditujukan kepada Presiden Jokowi dan dirinya.

"Jadi Daniel Mananta menyerahkan sepeda sebanyak 15 unit kepada kantor KSP, saya tegaskan lagi tidak ada ke Pak Jokowi. Pak Jokowi pun kaget, tidak ngerti kok urusannya begini? Jadi, tolong sepeda ini untuk kantor Kepala Staf Kepresidenan, bukan Pak Jokowi," kata Moeldoko dalam konferensi pers daring pada Rabu (28/10).


Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa pihaknya telah berkonsultasi dengan KPK soal donasi terkait. Namun, menurut Moeldoko, ia mendapat konfirmasi bahwa donasi bukan lah gratifikasi karena ditujukan kepada lembaga, bukan pejabat negara.

"Petunjuknya (dari KPK), kalau ditujukan ke lembaga kantor, itu bukan gratifikasi tapi kalau ditujukan ke Moeldoko atau nama, itu masuk ke gratifikasi dan harus dilaporkan," ucapnya.

Dia juga menegaskan bahwa pihaknya tak menerima sepeda dalam kapasitas untuk membantu marketing atau penjualan perusahaan Daniel. Melainkan sebagai bentuk dukungan pemerintah mendorong produk-produk buatan anak negeri.

Moeldoko menyebut bahwa istana tak akan menyimpan donasi, nantinya sepeda lipat akan diberikan kepada anak-anak di daerah dalam bentuk hadiah lomba yang akan disiapkan Istana.

Di kesempatan sama, selebritas Daniel Mananta mengklarifikasi bahwa sepeda dari pihaknya bukan ditujukan kepada Presiden atau pun staf Presiden. Dia mengaku tak ingin langkahnya menggaungkan produk dalam negeri malah dipolitisasi.

Dia menambahkan bahwa maksud dari kelima belas sepeda itu ialah simbol dari persatuan anak bangsa yang bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober ini.

"Saya tegaskan lagi kalau sepeda untuk KSP, bukan untuk Pak Moeldoko dan juga bukan untuk Pak Presiden. Beritanya sangat simpang siur, daripada dipolitisi," tuturnya.

Diketahui, Kepala Staf Presiden Moeldoko sebelumnya menerima donasi berupa 15 sepeda lipat dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda.

Sepeda model lipat tipe ecosmo 10 Sp Damn produksi PT Roda Maju Bahagia kolaborasi dengan Damn! I Love Indonesia milik Daniel Mananta.

(wel/dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK