Pekan Diplomasi Iklim UE, Anies Gowes Bareng Kedutaan Nordik

Pemprov DKI, CNN Indonesia | Kamis, 05/11/2020 13:41 WIB
Para duta besar dari negara-negara Nordik dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan bersepeda ke tempat kerja masing-masing selama Pekan Diplomasi Iklim UE. Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Para duta besar dari negara-negara Nordik seperti Uni Eropa, Denmark, Finlandia, Norwegia, Swedia bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan komunitas pesepeda akan bersepeda ke tempat kerja masing-masing selama Pekan Diplomasi Iklim UE 2020.

Kegiatan itu bertujuan untuk mempromosikan moda transportasi sepeda yang ramah lingkungan.

The Nordic Bicycling Event berlangsung pada tanggal 5 November pukul 07:00-08:30 WIB.


Titik pertemuan di kediaman Duta Besar Uni Eropa di Jalan Sriwijaya I, Kebayoran Baru, Jakarta. Setelah itu, rombongan kecil akan bersepeda menuju Menara Rajawali di Mega Kuningan tempat Kedutaan Nordik.

Selain sebagai bagian Pekan Diplomasi Iklim 2020, Nordik menyelenggarakan acara tersebut untuk mempromosikan pembangunan perkotaan berkelanjutan dan hidup sehat, serta transportasi ramah lingkungan berkolaborasi dengan komunitas Bike2Work dan delegasi Uni Eropa.

Dalam acara tersebut, Gubernur Jakarta Anies Baswedan bersepeda bersama Duta Besar Denmark, Swedia, Norwegia, Finlandia dan Uni Eropa.

Di banyak belahan dunia, penggunaan sepeda melonjak tinggi seiring pandemi Covid-19, termasuk di Jakarta. Data Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) menyebut, pada Juni 2020 terjadi peningkatan 1000 persen pengendara sepeda pada jam-jam sibuk dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada Oktober 2020, pemakai sepeda di Jakarta meningkat 211 persen dari bulan sebelumnya.

Sementara di negara-negara Nordik sendiri, bersepeda sudah menjadi bagian hidup laiknya budaya, termasuk di perkotaan.

Misalnya di Denmark, semua orang mengayuh sepeda tanpa memandang kelas dan status sosial, baik politikus, pengusaha, sampai mahasiswa. Bersepeda yang sederhana, terjangkau, andal, bersih, dan ramah lingkungan angkutan dinilai sebagai pesan positif yang berdampak pada iklim.

Pekan Diplomasi Iklim UE adalah acara tahunan di mana UE dan negara-negara anggota menyelenggarakan acara global kampanye penjangkauan diplomasi iklim melalui berbagai acara. Tujuannya, untuk mendorong dialog dan kerja sama perubahan iklim, menceritakan kisah sukses, serta inspirasi tindakan lebih lanjut.

(rea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK