Pemeriksaan Kerumunan Rizieq, Sekda Akui Belum ke Substansi

CNN Indonesia | Jumat, 20/11/2020 23:18 WIB
Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin diperiksa Polda Jabar terkait kerumunan dalam acara yang menghadirkan pimpinan FPI Rizieq Shihab, di Megamendung. Kab. Bogor. Imam Besar Habib Rizieq Shihab (tengah) menyapa ribuan jamaah di jalur Puncak, Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). (ARIF FIRMANSYAH/ARIF FIRMANSYAH)
Bandung, CNN Indonesia --

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin memenuhi panggilan penyidik Polda Jawa Barat untuk dimintai keterangan terkait kerumunan massa dalam acara yang dihadiri Imam Besar FPI Rizieq Shihab, di Megamendung, Kabupaten Bogor, beberapa waktu lalu.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Burhanudin terlihat tiba di gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jabar pada Jumat (20/11) pukul 10.00 WIB.

Dia sempat terlihat meninggalkan gedung menuju ke masjid untuk menunaikan ibadah Salat Jumat.


Burhanudin mengaku telah menjalani pemeriksaan dan mendapat beberapa pertanyaan dari penyidik.

"Jadi pertanyaan belum ke substansi," katanya.

Menurut Burhanudin, ia dan sejumlah orang turut dipanggil penyidik. Mulai dari Kepala Satpol PP Kabupaten Bogor, camat, sampai kepala desa.

"Insyaallah kita penuhi sesuai dengan kewenangan kita masing-masing," ujarnya.

Sebelumnya Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Erdi A. Chaniago mengatakan ada tujuh orang yang dipanggil dalam pemeriksaan ini.

Mereka yang dimintai keterangan oleh penyidik yakni Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin, Kepala Satpol PP Kabupaten Bogor Agus Ridho, Camat Megamendung Endi Rismawan, Kepala Desa Sukagalih Alwasyah Sudarman, Ketua RT 1 Marno, dan Aiptu Dadang Sugiana selaku Babinkamtibmas.

Sedangkan, Bupati Bogor Ade Yasin, ketua RW, dan pihak panitia yang juga anggota FPI Habib Muchsin Alatas belum menghadiri undangan klarifikasi itu ke Ditreskrimum Polda Jabar.

"Pihak yang tidak hadir itu Bu Ade, dari panitia, dan ketua RW. Bu Ade dan Ketua RW dari keterangannya sakit," kata Erdi.

Sementara belum ada keterangan terkait ketidakhadiran pihak panitia.

(hyg/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK