MUI soal Pertemuan Wapres-Rizieq: Silaturahmi Dianjurkan

CNN Indonesia | Jumat, 20/11/2020 21:16 WIB
Menurut Sekjen MUI, gagasan pertemuan antara Rizieq Shihab dan Wapres Ma'ruf Amin sangat baik karena silaturahmi itu dianjurkan dalam Islam. Sekretaris Jenderal MUI Anwar Abbas. (CNN Indonesia/Alfani Roosy Andinni)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mendukung gagasan pertemuan antara Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dengan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Anwar menyatakan, dalam Islam, pertemuan kedua tokoh itu merupakan bentuk silaturahmi.

"Dalam Islam itu namanya silaturahmi. Silaturahmi itu dalam Islam sangat dianjurkan. Bahkan orang yang memutus tali silaturahmi akan mendapat murka dari Allah. Jadi MUI sangat mendukung maksud dan niat baik," kata Anwar saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (20/11).


Menurut dia, di tengah persoalan yang dihadapi bangsa saat ini, pendekatan dengan silaturahmi dan dialog adalah tindakan yang semestinya ditempuh, bukan dengan pendekatan keamanan dan hukum.

"Bukankah kita punya budaya musyawarah dan mufakat. Jadi perbedaan-perbedaan tersebut kita coba atasi lewat kearifan-kearifan yang sudah dimiliki oleh bangsa ini," ucap Anwar.

"Betapa banyak persoalan yang terjadi di tengah masyarakat yang bisa kita selesaikan lewat cara-cara yang enak dan memuaskan bagi semua pihak," lanjut pria yang juga dikenal sebagai salah satu ketua di PP Muhammadiyah tersebut.

Dihubungi terpisah, Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Lakpesdam-PBNU) Rumadi Ahmad menyatakan pertemuan kedua tokoh itu merupakan suatu hal yang bagus.

"Bagus saja, ketemu dialog pasti ada manfaatnya. (Tapi) enggak perlu disebut rekonsiliasi, apanya yang mau direkonsiliasi?" kata dia.

Terpisah, Juru Bicara Wapres Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi mengatakan orang nomor dua di Republik Indonesia itu sangat terbuka terhadap gagasan digelarnya pertemuan dengan Rizieq. 

"Wapres tidak masalah, gagasan bertemu dengan Habib Rizieq, Wapres welcome, tidak ada masalah," kata Masduki dalam keterangan resminya, Jumat (20/11).

Sebelumnya muncul gagasan pertemuan antara Ma'ruf dan Rizieq secara empat mata untuk membahas persoalan bangsa. Kebetulan pula, baik Rizieq maupun Ma'ruf sama-sama tokoh ulama yang disegani di Indonesia. Selain Rizieq yang menjadi pentolan FPI juga tokoh massa 212, Ma'ruf dikenal sebagai Ketua Umum nonaktif Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan pernah menjabat Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

(yoa/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK