Cabup Indramayu Daniel Isolasi di RS Usai Positif Covid-19

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Minggu, 22/11/2020 12:19 WIB
Calon Bupati Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Daniel Mutaqien Syafiuddin positif terinfeksi virus corona. Ilustrasi Calon Bupati Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Daniel Mutaqien Syafiuddin positif terinfeksi Covid-19. (Foto: ANTARA FOTO/FAUZAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Calon Bupati Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, nomor urut tiga, Daniel Mutaqien Syafiuddin positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Saat ini, ia tengah menjalani isolasi dan perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indramayu.

Kabar itu Daniel sampaikan melalui sebuah video dengan durasi 1 menit 3 detik pada Sabtu (21/11) malam kemarin. Dalam video itu terlihat Daniel memakai kaos warna kuning dan duduk di kasur Rumah Sakit. Saat dikonfirmasi ulang, Daniel menegaskan bahwa kondisinya terpantau dalam keadaan sehat.

"Iya, saya positif covid-19 semalam langsung dibawa ke RSUD Indramayu. Kalau fisik baik-baik saja, tidak ada gejala, pilek sedikit saja, OTG mungkin ya," kata Daniel saat dihubungi CNNIndonesia.com, Minggu (22/11).


Daniel dinyatakan positif Covid-19 usai hasil pemeriksaan menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) atau swab keluar pada Sabtu (21/11) malam.

Ia pun menyebut pihaknya melakukan pemeriksaan swab pada Jumat (20/11) pagi usai mendengar kabar meninggalnya Camat Arahan Kabupaten Indramayu, Rostati Kasman, akibat terinfeksi Covid-19.

Ia pun mengaku sempat meminta izin untuk isolasi mandiri di rumah, namun permintaan itu tak dikabulkan. Dokter, lanjut Daniel, menyatakan hasil PCR atau swabnya menunjukkan CT (Cycle Threshold) Daniel berada di bawah angka 20. Dalam hal ini sesuai standarisasi Badan Kesehatan Dunia (WHO) hasil PCR dikatakan positif jika nilai CT kurnag dari 40.

"Saya tes Jumat, setelah Kamis ada Bu Camat Arahan meninggal, terus saya minta ke Rumah Sakit tes swab mandiri, karena saya pernah ada komunikasi dengan beliau [Camat Arahan]," jelasnya.

Lebih lanjut, calon bupati yang diusung Partai Golkar itu juga mengaku telah meminta kepada pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu dan Rumah Sakit agar dirinya tetap dapat bergabung dalam pelaksanaan debat kandidat yang bakal digelar malam ini, Minggu (22/11) pukul 19.00 WIB.

Sesuai rencana, debat bakal disiarkan secara langsung melalui saluran salah satu televisi swasta Cirebon dan Youtube KPU Kabupaten Indramayu.

"Saya tetap minta debatnya virtual, karena ini kan bukan situasi yang kita minta, jadi akhirnya saya diizinkan pakai virtual," kata dia.

Daniel juga meminta agar aktivitas kampanye Daniel Muttaqien-Taufik Hidayat tetap berjalan dengan mematuhi protokol kesehatan covid-19. Ia tak ingin kondisi covid-19 yang saat ini dialaminya menjadi penghalang aktivitas kampanye paslon kepala daerah Indramayu nomor urut tiga ini.

"Saya minta kepada rekan-rekan relawan semua, simpatisan, untuk tetap semangat, tetap mengawal kemenangan kita. Jangan bairkan hal-hal yang di luar teknis menjadi kendala atau menurunkan semangat teman-teman semuanya," pungkas Daniel.

Dalam kontestasi poltik 9 Desember mendatang, empat pasangan calon bakal bertarung menjadi orang nomor satu di Kabupaten Indramayu. Paslon pertama yakni Muhammad Sholihin-Ratnawati yang diusung oleh PKB, Demokrat, PKS dan Hanura.

Paslon kedua Toto Sucartono-Deis Handika yang merupakan satu-satunya pasangan yang maju dari jalur independen atau perseorangan. Kemudian paslon nomor tiga Daniel Mutaqin Syafiuddin-Taufik Hidayat yang diusung oleh Partai Golkar. Dan terakhir, paslon nomor urut keempat Nina Agustina Da'i Bachtiar-Lucky Hakim yang diusung oleh PDIP, Gerindra, dan Nasdem.

(khr/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK