AMAN Sebut Dicatut dalam Karangan Bunga di Kodam Jaya

CNN Indonesia | Senin, 23/11/2020 17:49 WIB
Sekretaris Jenderal AMAN, Rukka Simbolinggi menyebut pihaknya tak pernah mengirim karangan bunga yang berisi dukungan ke TNI-Polri ke Kodam Jaya. Karangan bunga bertuliskan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara muncul di Markas Kodam Jaya, Jakarta, Senin (23/11). (CNN Indonesia/ Michael Josua)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) menyatakan dicatut dalam salah satu karangan bunga yang ditempatkan di depan Markas Kodam Jaya, Jakarta Timur, Senin (23/11).

Sekretaris Jenderal AMAN, Rukka Simbolinggi menyebut pihaknya tak pernah mengirim karangan bunga yang berisi dukungan ke TNI-Polri ke Kodam Jaya.

"Kami sama sekali tidak terlibat, satu-satunya yang bisa menjawab adalah karangan bunga tersebut. Kalau ada (pengiriman) pasti Sekjen tahu," kata Rukka saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (23/11).


Rukka mengatakan pihaknya sudah mencoba mengkonfirmasi pengiriman bunga tersebut ke rekan-rekan lainnya di AMAN. Namun, kata dia, tak ada konfirmasi terkait pengiriman bunga itu.

Menurut Rukka, sejumlah jaringan AMAN yang tersebar di beberapa daerah juga mengaku tak pernah mengirim karangan bunga tersebut.

"Cek sana sini, ternyata ada yang catut nama AMAN," ujarnya.

Masyarakat berswa foto dan menggambil gambar karangan bunga yang bernarasi positif untuk memberikan dukungan kepada TNI dan Polri. Jakarta. Senin (23/11/2020). Ratusan jajaran karangan bunga memenuhi tepi jalan di depan markas Kodam Jaya. CNN Indonesia/Andry NovelinoFoto: CNN Indonesia/Andry Novelino
Masyarakat berswa foto dan menggambil gambar karangan bunga yang bernarasi positif untuk memberikan dukungan kepada TNI dan Polri. Jakarta. Senin (23/11/2020). Ratusan jajaran karangan bunga memenuhi tepi jalan di depan markas Kodam Jaya. CNN Indonesia/Andry Novelino

CNNIndonesia.com sudah mencoba menghubungi Kapendam Jaya, Letnan Kolonel Arh Herwin Budi Saputra untuk mengetahui kirima karangan bunga tersebut, namun belum direspons.

Sebagai informasi, sejumlah karangan bunga berjejer di depan wilayah Kodam Jaya. Karangan bunga tersebut berisi pesan-pesan dukungan kepada TNI untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Beberapa di antaranya diletakkan di sekitar pintu masuk Kodam Jaya. Karangan bunga tersebut tertulis dari akademisi, perseorangan hingga kelompok masyarakat.

Selain itu, ada karangan bunga ditujukan kepada Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman.

Namun, ada yang menggelitik dari deretan karangan bunga di Markas Kodam Jaya tersebut. Terdapat karangan bunga yang dikirim oleh 'Kaum Rebahan', 'Dari Kaum Punk Jakarta', hingga 'Kaum PHK Covid'. Belum diketahui secara pasti siapa yang mengirim karangan bunga tersebut.

(mjo/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK