Pangdam Dudung: Rizieq Bukan Musuh, Kita Waspadai Ucapannya

CNN Indonesia | Rabu, 25/11/2020 14:25 WIB
Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurrachman mengatakan pihaknya hanya mewaspadai ucapan dan tindakan Rizieq Shihab yang berpotensi membahayakan persatuan NKRI. Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurrachman mengatakan pihaknya hanya mewaspadai ucapan dan tindakan Rizieq Shihab yang berpotensi membahayakan persatuan NKRI. Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Jakarta, CNN Indonesia --

Panglima Komando Daerah Militer Jaya (Pangdam Jaya) Mayjen TNI Dudung Abdurrachman mengatakan pihaknya tidak pernah menganggap Rizieq Shihab atau Front Pembela Islam (FPI) sebagai musuh.

Menurut Dudung, Rizieq sama seperti masyarakat lainnya. Mereka yang dianggap sebagai musuh, kata Dudung, adalah ucapan-ucapan yang memperkeruh persatuan dan kesatuan bangsa.

"Saya tidak pernah mengajak bahwa FPI atau yang lain itu sebagai musuh, atau menganggap Habib Rizieq juga sebagai musuh juga tidak ada, itu saudara-saudara kita, yang justru kita musuhi adalah ucapan-ucapan yang mengajak dan yang nantinya akan memperkeruh persatuan dan kesatuan bangsa," ucapnya dalam acara 'Ngopi bareng Pangdam Jaya' di Kodam Jaya, Jakarta Timur, Rabu (25/11).


Dudung juga mengakui Rizieq Shihab ialah orang yang berilmu luar biasa. Ia juga menjelaskan, pihaknya hanya mewaspadai ucapan dan tindakan Rizieq Shihab yang berpotensi membahayakan persatuan dan kesatuan Indonesia.

"Kalau Rizieqnya, ya orang orang berilmu luar biasa ya, yang kita waspadai, yang kita tidak berikan izin itu adalah ucapan dan tindakannya itu yang membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa," kata Dudung.

Menurut Dudung, ajakan revolusi akhlak oleh Rizieq Shihab patut dihindari, karena bisa menyebabkan retaknya persatuan bangsa. Sehingga pihaknya harus bersikap tegas karena ancaman merusak persatuan dan kesatuan Indonesia.

"Tidak kepada individunya, tapi itu yang mengajak revolusi dan sebagainya itu yang kita hindarkan sehingga saya harus tegas bukan karena orangnya tetapi karena ajakan-ajakan yang sudah mempengaruhi retaknya persatuan dan kesatuan bangsa ini," ungkapnya.

Dudung diketahui sempat mengancam pembubaran FPI yang dipimpin Rizieq Shihab. FPI dinilai sudah merasa dirinya paling benar. Setibanya Rizieq Shihab ke Indonesia, ia langsung menyerukan revolusi akhlak kepada para jemaat dan pengikutnya.

"Kepulangan kali ini saudara, tidak lain, tidak bukan, saya menyerukan dan mengajak kepada semua umat Islam Indonesia, ayo sama-sama revolusi akhlak. Setuju?" kata Rizieq yang disambut pernyataan setuju oleh massa yang hadir.

(mln/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK