Anies Berharap MUI Jadi Rujukan Umat Hadapi Pandemi

CNN Indonesia | Rabu, 25/11/2020 21:03 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memuji Munas MUI yang disebut patuh protokol kesehatan Covid-19 dan berharap bisa menjadi contoh bagi masyarakat luas. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Courtesy of Pemprov DKI Jakarta)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berharap Majelis Ulama Indonesia (MUI) dapat menjadi rujukan umat Islam dalam menghadapi pandemi virus corona (SARS-CoV-2).

Hal tersebut disampaikan Anies saat memberikan sambutan pada Pembukaan Musyawarah Nasional MUI X yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (25/11).

"Di masa pandemi seperti ini, Insyallah kita akan bisa merujuk kepada MUI untuk mengeluarkan kepada kita tuntunan dalam menghadapi pandemi yang mungkin tidak selesai dalam hitungan minggu, bulan, tapi akan selesai dalam hitungan tahun," ucap Anies.


Menurut Anies, pandemi Covid-19 bukan sesuatu yang mudah dihadapi, khususnya bagi umat Islam di Indonesia. Itu sebab, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut berharap MUI dapat mengeluarkan fatwa yang berkaitan dengan wabah virus corona.

Di sisi lain, Anies mengapresiasi MUI yang menyelenggarakan Munas dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Apalagi, menurutnya, dalam acara Munas kali ini, peserta Munas yang hadir hanya 20 persen dari kapasitas ruangan.

"Saya ingin sampaikan secara khusus apresiasi kepada MUI dan panitia munas yang telah menegakkan protokol kesehatan dengan baik," ucap Anies.

"Menurut ketentuan yang ada 50 persen kapasitas, sekarang hanya 20 persen. Ini menunjukkan kehati-hatian dan keseriusan," kata dia menambahkan.

Anies berharap, Munas yang digelar dengan protokol kesehatan ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat luas.

Ia juga berharap agar para ketua MUI di wilayah-wilayah Indonesia dapat membantu menggaungkan penegakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Kami berharap para ketua MUI seluruh wilayah Indonesia yang ikut mengalami kedisiplin ini membantu menggaungkan ke seluruh wilayah, kepada umat bahwa protokol bisa ditegakan, acara bisa berlangsung dengan baik, dan MUI bisa menjadi contoh," jelas Anies.

Munas MUI bakal berlangsung hingga Jumat (27/11). Salah satu agenda strategis dalam helatan ini yakni pergantian ketua umum dan kepengurusan MUI baru masa bakti 2020-2025.

(dmi/nma/NMA)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK