Bima Arya Ungkap Kondisi Rizieq Masuk RS Ummi Bogor

CNN Indonesia | Kamis, 26/11/2020 17:52 WIB
Bima Arya menyebut sejauh ini kondisi Rizieq Shihab kesehatannya baik, tapi masih akan terus diobservasi dan belum dilakukan test PCR/swab. Wali Kota Bogor, Bima Arya. (CNN Indonesia/ Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto buka suara soal kondisi Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang tengah menjalani perawatan di RS Ummi Kota Bogor, Jawa Barat. Bima menyebut pentolan FPI itu dirawat di RS Ummi sejak Rabu (25/11) karena faktor kelelahan.

"Saya sudah komunikasi dengan pimpinan RS Ummi. Betul, Habib Rizieq masuk kemarin, beliau kelelahan," kata Bima Arya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (26/11).

Bima menyebut, Rizieq hanya menjalani pemeriksaan kontrol kesehatan biasa usai kesehatannya menurun akibat aktivitas yang dilaluinya dalam beberapa pekan terakhir. Bima sekaligus membantah bahwa Rizieq dirujuk ke RS Ummi akibat positif terpapar virus corona (covid-19).


"Sudah dilakukan pemeriksaan, dan sejauh ini kondisi kesehatannya baik. Tapi masih akan terus diobservasi. Belum dilakukan test PCR/swab, karena sejauh ini tidak ada gejala," jelasnya.

Bima lantas menyampaikan pesan dari pihak Rumah Sakit, bahwa Rizieq tidak ingin mendapat kunjungan lain selain keluarganya, sebab Rizieq disebut ingin benar-benar memulihkan kondisi kesehatannya.

"Menurut pihak RS Beliau meminta tidak dijenguk karena ingin istirahat," kata Bima.

Sementara itu hal berbeda disampaikan oleh Ketua PA 212 Slamet Maarif. Slamet menyebut Rizieq sedang dalam kondisi sehat dan tidak dirawat di rumah sakit.

Slamet mengaku Rizieq ke rumah sakit hanya untuk menjalani kontrol periksa kesehatan rutin, ia pun enggan menjawab lebih lanjut general check up seperti apa yang dilakukan Rizieq di rumah sakit.

"Alhamdulillah beliau sehat, hanya general check saja [ke rumah sakit]," kata Slamet kepada CNNIndonesia.com, Kamis (26/11).

Senada, Wakil Sekretaris Umum FPI Aziz Yanuar mengatakan turut mengatakan hal yang sama. Ia menegaskan bahwa kabar yang mengatakan Rizieq sakit adalah bohong atau hoaks. Aziz menyatakan saat ini Rizieq berada di kediaman pribadinya yang berada di Petamburan, Jakarta Pusat.

"Ya [masih di Petamburan]," kata Aziz.

Rizieq sempat mengalami kelelahan usai menghadiri serangkaian acara setelah kepulangannya dari Arab Saudi pada Selasa (10/11) lalu. Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Ma'arif menyampaikan selain karena kelelahan, Rizieq memilih rehat sejenak untuk menciptakan pola hidup sehat di masyarakat. Sebab antusiasme masyarakat menyambut Rizieq sangat tinggi hingga selalu menimbulkan kerumunan.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto mengaku sempat menawarkan untuk melakukan pemeriksaan covid-19 terhadap Rizieq. Heru mengatakan sejumlah perwakilan dari Polsek Metro Tanah Abang dikirim untuk mengimbau Rizieq agar menjalani tes usap Covid-19 pada Sabtu (21/11) lalu. Upaya itu dilakukan setelah mendapat info Rizieq sakit dengan ciri-ciri diduga terpapar Covid-19, namun Heru mengaku mendapat penolakan, sehingga dipastikan Rizieq melakukan pemeriksaan secara mandiri.

Usai kepulangannya, Rizieq sempat menggelar kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putrinya, Najwa Shihab, di kediaman pribadinya di Petamburan, Jakarta Pusat pada Sabtu (14/11) malam.

Selain itu, sehari sebelumnya, kerumunan warga memadati acara Maulid Nabi Muhammad SAW Majelis Ta'lim Al Alaf dan salat subuh gabungan se-Jabodetabek di kediaman Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (13/11). Dilanjutkan dengan acara yang digelar di Pesantren Alam dan Agrokultural Markas Syariah FPI Megamendung, Kabupaten Bogor, Jumat (13/11) siang.

Dalam serangkaian acara yang dihadiri Rizieq itu banyk dikecam publik karena dianggap mengabaikan protokol kesehatan dan tanpa menjaga jarak padahal masih di tengah pandemi.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Budi Hidayat dalam konferensi pers di Graha BNPB Jakarta yang dipantau melalui daring, Minggu (22/11) laly menyebutkan hasil pemeriksaan melalui tes swab yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan terhadap kerumunan Rizieq menunjukkan temuan 50 kasus positif covid-19 di Tebet dan 30 kasus di Petamburan dalam kerumunan tersebut.

(khr/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK