FPI Tegaskan Foto Rizieq Terbaring di Rumah Sakit Hoaks

mjo, CNN Indonesia | Kamis, 26/11/2020 16:23 WIB
FPI menegaskan bahwa kondisi Rizieq Shihab sehat dan tidak menjalani perawatan di rumah sakit seperti foto yang beredar. Imam Besar FPI Rizieq Shihab disebut dalam kondisi sehat. (Foto: AFP/BAY ISMOYO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Azis Yanuar menegaskan saat ini Rizieq Shihab tidak menjalani perawatan di rumah sakit di wilayah Bogor, Jawa Barat. Menurut dia, pimpinan FPI itu dalam kondisi sehat.

Aziz mengatakan, sejumlah foto yang beredar di media sosial beberapa waktu belakangan ini merupakan hasil editan dan rekayasa yang dibuat oleh segelintir orang.

"Beliau sehat walafiat, bugar, dan semua informasinya itu adalah informasi palsu, hoaks, dan tidak benar. Itu sama dibuat editan, hal-hal itu dibuat oleh orang sakit jiwa," kata Aziz kepada wartawan di Markas Persaudaraan Alumni (PA) 212 di Jakarta, Kamis (26/11).


Dia menuding bahwa pihak-pihak yang sengaja menyebarkan informasi palsu tersebut merupakan orang-orang yang memiliki kebencian terhadap sosok Rizieq dan sakit jiwa.

"Mereka sakit jiwa, keterbelakangan mental," ucapnya lagi.

Namun demikian, Aziz belum dapat menunjukkan bukti riwayat kesehatan Rizieq secara utuh. Menurut dia, hal tersebut merupakan kewenangan dari tim medis.

"Wewenang kesehatan dan bagian medis, saya tidak wewenang untuk jawab itu dan tidak kompeten," tandas dia.

Dalam foto yang beredar, terlihat gambar seolah-olah Anies yang mengenakan kemeja berwarna putih didampingi dengan Ketua PA 212, Slamet Maarif sedang menjenguk Rizieq.

Terlihat, Rizieq sedang berbaring di tempat tidur rumah sakit mengenakan selimut berwarna biru. Kemudian, di samping Rizieq terlihat juga dua orang petugas medis yang mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Informasi kondisi kesehatan Rizieq memang banyak beredar usai dirinya melakukan sejumlah kegiatan di tanah air setelah pulang dari Arab Saudi pada Selasa (10/11) lalu.

Namun PA 212 sebelumnya memastikan bahwa Rizieq hanya melakukan general check up biasa di rumah sakit.

(psp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK