Kodim Semprot Disinfektan di Petamburan, FPI Sempat Mengadang

CNN Indonesia | Jumat, 27/11/2020 11:39 WIB
Kodim Jakpus melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar rumah Rizieq Shihab, kawasan Petamburan. Namun perwakilan FPI sempat mengadang di ujung gang. Prajurit TNI dari Kodim Jakarta Pusat melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Petamburan Jakarta. (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komando Distrik Militer (Kodim) 0501 Jakarta Pusat melakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah kediaman pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab Jalan Paksi, Petamburan III, Jakarta Pusat, Jumat (27/11).

Penyemprotan dilakukan oleh sekitar 100 petugas yang membawa alat semprot tabung disinfektan. Dari pantauan CNNIndonesia.com penyemprotan dilakukan mulai pukul 09.30 WIB di 14 RT, RW 04, Kelurahan Petamburan.

Namun, saat akan melakukan penyemprotan menuju gang kediaman Rizieq, perwakilan FPI dan Laskar Pembela Islam mengadang beberapa petugas. Kolonel Inf Luqman Arief Dandim 0501 Jakarta Pusat dan perwakilan FPI sempat negosiasi selama kurang lebih 10 menit.


"Saya hanya minta beberapa orang saja (masuk), sesuai dengan protokol kesehatan, tapi hanya sebatas di lorong saja. Artinya beliau hanya menunjukkan bahwa beliau kompak dengan seluruh warga dan tidak ada kepentingan politik apapun, TNI tidak boleh turun secara aktif di ranah politik," kata salah satu perwakilan FPI berbaju putih di sekitar kediaman Rizieq, Jumat (27/11).

Terhitung hanya lima petugas, media perwakilan Kodim, dan satu perwakilan media nasional yang dipersilakan masuk menuju gang, sementara petugas kodim lain dan awak media lainnya tidak diperkenankan meliput ke dalam gang.

"Pelarangan tidak ada, ini kan semua warga negara kita, negara wilayah kita, Petamburan itu wilayah kita," kata Kolonel Inf Luqman kepada awak media.

Luqman mengatakan selain penyemprotan, petugas gabungan bakal melakukan rapid test Covid-19 di empat titik di Petamburan pada hari yang sama. Empat titik itu terletak di Kelurahan Petamburan, rumah salah satu warga di RT 5, lapangan futsal RW 4 dan Sekolah Dasar 01 Petamburan.

"Di sini kita bagi per sektor per RT, nanti akan diambil jumlah masyarakat sehingga kita punya data keseluruhan, kemudian selain itu juga dilakukan dengan pembersihan penyemprotan baik fasilitas umum dan rumah ibadah," kata Luqman.

Penyemprotan disinfektan di kawasan Petamburan JakartaPerwakilan FPI sempat mengadang prajurit TNI yang hendak menyemprot disinfektan di sekitar rumah Rizieq Shihab. (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri)

Kegiatan serupa sebelumnya dilakukan Polda Metro Jaya, Minggu (22/11) lalu. Penyemprotan dilakukan dengan menggunakan dua unit mobil water cannon.

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto menyebut sempat ada penolakan penyemprotan disinfektan yang dilakukan Polda Metro Jaya di gang menuju kediaman Rizieq. Penolakan dilakukan dengan alasan mereka sudah melakukan penyemprotan sendiri.

Sebelumnya, wilayah Petamburan disebut menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 setelah selama satu pekan sejak Rizieq kembali pada 10 November lalu kerap menggelar kegiatan yang menimbulkan kerumunan.

Usai kepulangannya, Rizieq juga menggelar kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putrinya, Najwa Shihab, di kediaman pribadinya di Petamburan, Jakarta Pusat pada Sabtu (14/11) malam.

Selain itu, sehari sebelumnya, kerumunan warga memadati acara Maulid Nabi Muhammad SAW Majelis Ta'lim Al Alaf dan salat subuh gabungan se-Jabodetabek di kediaman Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (13/11).

Dilanjutkan dengan acara yang digelar di Pesantren Alam dan Agrokultural Markas Syariah FPI Megamendung, Kabupaten Bogor, Jumat (13/11) siang.

Dalam serangkaian acara yang dihadiri Rizieq itu, publik banyak mengecam karena dianggap mengabaikan protokol kesehatan dan tanpa menjaga jarak padahal masih di tengah pandemi.

(khr/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK