Polda Metro Jaya Tunggu Kedatangan Rizieq Hingga Malam

CNN Indonesia | Selasa, 01/12/2020 14:55 WIB
Penyidik Polda Metro Jaya belum menerima konfirmasi kehadiran Rizieq Shihab maupun pengacaranya terkait pemeriksaan hari ini. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya masih menunggu kedatangan pemimpin FPI Rizieq Shihab hingga malam ini.

Hari ini, Selasa (1/12), Rizieq akan diperiksa terkait kerumunan massa di acara pernikahan putrinya beberapa waktu lalu.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan selain Rizieq, penyidik masih menanti kehadiran menantunya, yakni MHA.


"Mudah-mudahan sampai sore nanti, malam nanti dia datang untuk memenuhi panggilan untuk diperiksa kepada MRS dan MHA," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Selasa (1/12).

Yusri menuturkan penyidik belum menerima konfirmasi dari Rizieq maupun pengacaranya terkait jadwal pemeriksaan hari ini.

Yusri mengatakan apabila Rizieq tak bisa memenuhi panggilan, semestinya dia atau pengacaranya menyampaikan surat alasan ketidakhadiran kepada penyidik.

"Biasanya kalau tidak hadir akan datang pengacaranya mengantarkan, selama dia patut dan wajar menyampaikan alasan yang bisa diterima oleh penyidik," tutur Yusri.

Suasana di Markas FPI di kawasan Petamburan, Jakarta, Sabtu, 14 November 2020. Ratusan otang mulai berdatangan untuk mengikuti acara maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus pernikahan puteri Rizieq Shihab. CNN Indonesia/Bisma SeptalismaSuasana Maulid Nabi Muhammad sekaligus acara pernikahan putri Rizieq Shihab di kawasan Markas FPI, Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu, 14 November 2020. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Lebih lanjut, untuk hari ini ada satu orang saksi yang sedang menjalani pemeriksaan. Dia adalah Y dari biro hukum Pemprov DKI.

Dalam perkara ini, polisi telah mulai melakukan penyidikan. Hal itu usai polisi menemukan unsur pidana berdasarkan hasil gelar perkara.

Unsur pidana tersebut yakni Pasal 160 KUHP dan atau Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan Pasal 216 KUHP.

Berdasarkan surat pemanggilan, Rizieq dijadwalkan diperiksa pada pukul 10.00 WIB oleh penyidik V Sub Direktorat Keamanan Negara Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Jelang pemeriksaan, pantauan CNNIndonesia.com, penjagaan di sekitar Polda Metro Jaya diperketat. Sejumlah kendaraan taktis disiagakan di dekat Gedung Ditreskrimum, antara lain kendaraan water canon hingga barracuda.

(dis/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK