Istana: Kepastian Libur dan Cuti Bersama Diputuskan Sore Ini

CNN Indonesia | Selasa, 01/12/2020 15:00 WIB
Moeldoko mengatakan sore ini sejumlah menteri akan mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) terkait libur panjang akhir tahun. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengatakan pemerintah bakal mengambil sikap terkait keputusan libur panjang dan cuti bersama akhir tahun, Selasa (1/12) sore.

Moeldoko mengatakan, sore nanti, ia dan sejumlah menteri, termasuk Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bakal menggelar rapat terkait libur panjang. Ia mengatakan, rapat sore nanti sejumlah menteri akan mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) terkait libur panjang akhir tahun.

"Nanti jam 16.30 kita akan rapat dengan Pak Menteri Koordinator PMK, kita akan membicarakan cuti atau libur akhir tahun dan nanti sekaligus ada SKB beberapa menteri," kata Moeldoko dalam rekaman suara yang dibagikan pihak KSP kepada wartawan, Selasa (1/12).


Moeldoko mengatakan, jajaran kabinet akan mematuhi petunjuk Presiden Joko Widodo yang meminta agar libur panjang akhir tahun dipertimbangkan kembali. Hal ini dikarenakan, setiap momen libur panjang, kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia kerap melonjak.

"Intinya, petunjuk Presiden harus dilaksanakan, dan ini supaya menjadi kesadaran kita bersama, ternyata terbukti cuti yang lalu menambah jumlah yang positif dan kita tidak ingin ada muncul klaster baru," ungkap Moeldoko.

Sebelumnya, sejumlah pihak mendesak agar Presiden Jokowi memangkas libur panjang akhir tahun yang mestinya dimulai 24 Desember 2020 hingga 1 Januari 2021 dan berlanjut pada 2 dan 3 Januari lantaran akhir pekan.

Jika ditotal, libur dan cuti bersama akhir tahun akan berjumlah 11 hari terhitung akhir pekan.

Kecenderungan yang terjadi selama pandemi Covid-19, libur panjang kerap diikuti dengan lonjakan kasus positif. Oleh sebab itu, Jokowi menginstruksikan para menteri terkait untuk berkoordinasi membahas kemungkinan pemangkasan libur panjang dan cuti bersama akhir tahun 2020.

(dmi/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK