Jelang Reuni 212, Rumah Rizieq Shihab di Petamburan Sepi

CNN Indonesia | Rabu, 02/12/2020 06:56 WIB
Jalanan di sekitar rumah Pemimpin FPI Rizieq Shihab di Petamburan lengang jelang Reuni Aksi 212. Helatan tahun ini disebut bakal digelar secara virtual. Jalan Petamburan 3 di Jakarta Pusat sekitar kediaman Rizieq Shihab lengang jelang Reuni Aksi 212, Rabu (2/12). (Foto: CNN Indonesia/ Dhio Faiz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jalan Petamburan 3, Jakarta Pusat, di sekitar kediaman Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab terpantau sepi pada Rabu (2/12) pagi menjelang gelaran Reuni Aksi 212.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com pada 06.15 WIB, tak ada massa di jalan ini. Hanya warga sekitar yang lalu lalang.

Tidak ada pula aktivitas yang terlihat di Kantor DPP FPI. Bangunan itu tampak kosong. Pintu gedung pun terkunci rapat.


Di Gang Paksi, kediaman keluarga Rizieq, juga tampak sepi. Hanya ada dua anggota Laskar Pembela Islam (LPI) yang berjaga. Beberapa warga juga ikut duduk di lokasi itu.

Suasana lengang juga terlihat di Masjid Jami Al-Ishlah yang biasa digunakan untuk ibadah warga dan kegiatan FPI. Hanya ada beberapa warga yang berjualan sarapan di sekitar masjid.

Jalan Petamburan 3 di Jakarta Pusat sekitar kediaman Rizieq Shihab lengang jelang Reuni Aksi 212, Rabu (2/12).Jalan Petamburan 3 di Jakarta Pusat sekitar kediaman Rizieq Shihab lengang jelang Reuni Aksi 212, Rabu (2/12). (Foto: CNN Indonesia/ Dhio Faiz)

Reuni Aksi 212 kali ini digelar secara virtual karena pandemi Covid-19. Tidak ada lagi ibadah bersama di kawasan Monumen Nasional seperti tradisi aksi yang dimulai sejak 2016 lalu.

Sekitar 100 tokoh dan ulama menyampaikan dakwah secara daring dan bisa disaksikan oleh jemaah di berbagai daerah. Acara ini dijadwalkan akan dimulai pukul 09.00 WIB.

Beberapa nama yang dipastikan hadir adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Gatot Nurmantyo, pimpinan FPI Rizieq Shihab, hingga Felix Siauw.

Sebelumnya Juru Bicara PA 212, Haikal Hassan mengklaim tak bakal ada kerumunan massa dalam acara pengganti Reuni Aksi 212 tahun ini. Acara Dialog Nasional 212 bertajuk 'Revolusi Akhlak' itu ia pastikan akan digelar virtual.

Ada pula ajakan ke para pendukung dan simpatisan Rizieq untuk memakai kaus dan mengibarkan bendera bergambar Rizieq pada 2 Desember 2020, di rumah masing-masing.

Sementara di sisi lain, kepolisian memastikan bakal membubarkan kerumunan jika massa PA 212 tetap berkeras menggelar reuni di tengah wabah virus corona.

(dhf/nma/NMA)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK