Bima Arya Diperiksa Polisi Terkait Swab Rizieq di RS Ummi

CNN Indonesia | Kamis, 03/12/2020 19:42 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya mengaku dicecar sekitar 14 pertanyaan terkaik polemik pemimpin FPI Rizieq Shihab yang sempat dirawat di RS Ummi, Kota Bogor. Wali Kota Bogor Bima Arya diperiksa polisi terkait polemik tes swab pemimpin FPI Rizieq Shihab di RS Ummi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wali Kota Bogor Bima Arya diperiksa penyidik Polres Kota Bogor terkait hasil tes swab pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Rumah Sakit Ummi. Bima mengaku dicecar 14 pertanyaan soal polemik hasil tes swab Rizieq tersebut.

"Pertanyaannya yang fokus kepada persoalan Habib Rizieq itu ada 14, yang lainnya lebih kepada pertanyaan seputar tanggung jawab saya sebagai ketua Satgas Covid (Kota Bogor)," kata Bima kepada CNNIndonesia.com.

Bima mengatakan keterangannya tersebut dibutuhkan polisi untuk melengkapi kesaksian para pihak yang telah lebih dahulu diperiksa dalam kasus tersebut. Menurutnya, pemeriksaan dirinya terkait dengan laporan terhadap manajemen RS Ummi.


"Saya diminta keterangan untuk melengkapi kesaksian sejumlah orang terkait dengan persoalan Habib Rizieq Shihab di Rumah Sakit Ummi," ujarnya.

Sementara, Kapolres Bogor Kota Kombes Hendri Fiuser menuturkan selain Bima, ada tiga saksi lain yang juga turut dimintai keterangan terkait kasus ini.

"Selain pak Bima hari ini ada 3 (saksi) lagi yang diperiksa," kata Hendri kepada wartawan, Kamis (3/12).

Hendri mengatakan pihaknya juga telah memeriksa 16 saksi kemarin. Sehingga total sampai saat ini ada 20 saksi yang dimintai keterangan, termasuk Dandim 0621/Bogor.

Menurutnya, seluruh keterangan dari para saksi akan dirangkum pada Senin 7 November. Setelah itu, pihaknya akan melakukan gelar perkara untuk memutuskan apakah kasus ini bisa dinaikkan ke tingkat penyidikan atau tidak.

"Itu nanti akan dilakukan oleh tim dari Bareskrim, tim dari Reskrimum Polda Jawa Barat, dan Satreskrim Polresta Bogor Kota," ujarnya.

Lebih lanjut, Hendri mengatakan pihaknya juga masih mengumpulkan barang bukti untuk mengusut perkara ini. Termasuk, rekaman CCTV RS Ummi Bogor.

"Tim membutuhkan apa untuk membuktikan, tugas tim itu kan membuktikan pasal itu," katanya.

Sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Bogor melaporkan manajemen Rumah Sakit Ummi ke Polresta Bogor Kota karena dianggap menutup-nutupi soal tes swab Rizieq Pentolan FPI itu diketahui sempat dirawat di RS Umi.

Rizieq mengklaim hanya kelelahan lantaran menyambut banyak orang sekembalinya ke tanah air dari Arab Saudi.

Bima Arya juga sempat mengunjungi RS Ummi. Dia berkunjung karena mendapat kabar bahwa Rizieq menolak menjalani tes swab virus corona.

(dis/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK