Lahar Panas Semeru Aliri Daerah Aliran Sungai

CNN Indonesia | Jumat, 04/12/2020 00:55 WIB
Lahar panas dari Gunung Semeru yang berlokasi di Lumajang, Jawa Timur, mengalir hingga ke daerah aliran sungai (DAS). Ilustrasi Gunung Semeru. (Antara Foto/Umarul Faruq)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lahar panas dari Gunung Semeru yang berlokasi di Lumajang, Jawa Timur, mengalir hingga ke daerah aliran sungai (DAS).

"Lahar hujan atau banjir terekam tadi siang jam 13.00, tapi tidak ada awan panas," kata Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api (PVMBG), Hendra Gunawan, saat dihubungi, Kamis (3/12).

Berdasarkan data seismograf, getaran lahar hujan atau banjir itu terpantau terjadi selama kurang lebih tiga jam.


Selain itu, berdasarkan data pemantauan GunungSemeru pada pukul 12.00 hingga 18.00 WIB, tercatat gempa letusan sebanyak tiga kali dan gempa guguran hingga lima kali.

Gunung Semeru saat ini berada di Level II atau Waspada. PVMBG mengimbau agar masyarakat tidak beraktivitas dalam radius 1 km dari kawah atau puncak dan 14 km dari arah bukaan kawah.

Selain itu, masyarakat juga diminta waspada terhadap awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, juga menyampaikan imbauan serupa melalui akun Twitter pribadinya, @thoriqul_haq.

Dalam twitnya itu, Thoriqul juga menyampaikan bahwa proses evakuasi terhadap warga yang berada di tepian arus sungai terus dilakukan.

"WASPADA, arus lahar panas Gunung Semeru mulai turun bersamaan dengan hujan di beberapa wilayah sekitar DAS (Daerah Aliran Sungai) lahar Semeru. Proses evakuasi terus berlangsung, terutama daerah yang berada di tepian arus sungai lahar Semeru," tulis Thoriqul.



(dis/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK