Dua Alasan RK Ajukan 3 Calon Kabupaten Baru ke Pusat

CNN Indonesia | Sabtu, 05/12/2020 18:24 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkap alasan bersedia meneken izin pemekeran tiga kabupaten di wilayah Jawa Barat. Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkap alasan bersedia meneken izin pemekeran tiga kabupaten di wilayah Jawa Barat. Hal ini diungkap Emil, sapaan karibnya, di akun twitter resmi miliknya, @ridwankamil.

Tiga wilayah yang dia tanda tangani dan setujui pemekaraannya yakni Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Garut Selatan dan Kabupaten Sukabumi Utara. Setelah ditandatangani olehnya, berkas tersebut akan dikirim ke Pemerintah Pusat untuk dimintai persetujuan.

"Kemarin saya setujui dan tandatangani atas nama Pemprov Jawa Barat bersama DPRD Jawa Barat untuk direview dan disetujui Pemerintah Pusat," kata Emil yang disertai dengan tagar #JabarJuaraLahirBatin dan dikutip CNNIndonesia.com, Sabtu (5/12).


Kata Emil, Provinsi Jawa Barat memang tak seharusnya hanya terdiri dari 27 Kabupaten Kota. Hal ini jika merujuk pada jumlah penduduk yang hampir menyentuh angka 50 juta orang.

"Idealnya memiliki 40 daerah Kota/Kabupaten, bukan 27," kata dia.

Emil menegaskan 40 pemecahan daerah dilakukan agar pelayanan publik bisa lebih cepat, dekat dan pemerataan pembangunan lebih adil dan merata.

Sementara pemilihan tiga wilayah itu, katanya, dianggap paling siap dari berbagai aspek persyaratan untuk pecah menjadi kabupaten lain dari induknya sebelumnya.

Bogor Barat, Garut Selatan dan Sukabumi Utara, kata Emil, paling siap jika dilihat dari sisi administrasi, dan aspek substansial lainnya.

"Ajuan pemekaran yang lain belum lengkap persyaratannya. Contoh di masa lalu pemekaran yang sukses, Kabupaten Pangandaran, Banjar, Cimahi, Kabupaten Bandung Barat," katanya.

(tst/asa)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK