BNPB: 7.872 Rumah Terendam Banjir di Medan

CNN Indonesia | Senin, 07/12/2020 02:44 WIB
Sebanyak 7.872 rumah yang tersebar di 11 kecamatan dan 19 kelurahan di Medan terendam banjir. Sebanyak 7.872 rumah yang tersebar di 11 kecamatan dan 19 kelurahan di Medan terendam banjir.(Istockphoto/Yury Karamanenko).
Medan, CNN Indonesia --

Sebanyak 7.872 rumah yang tersebar di 11 kecamatan dan 19 kelurahan di Medan terendam banjir. Banjir besar tersebut terjadi akibat hujan deras dan sungai-sungai meluap pada Jumat (4/12) dini hari kemarin.

"Musibah ini menyebabkan 7.872 rumah dengan 8.938 kepala keluarga serta 31.197 jiwa terdampak banjir tersebut," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Nurly, Minggu (6/12).

Nurly menjelaskan 11 kecamatan itu antara lain Kecamatan Baru, Kecamatan Medan Tuntungan, Medan Barat, Kecamatan Medan Petisah, Kecamatan Medan Johor, Kecamatan Medan Maimun, Medan Helvetia, Medan Sunggal, Medan Deli, Kecamatan Labuhan, Kecamatan Selayang.


"Banjir disebabkan intensitas hujan tinggi di daerah pegunungan serta luapan sungai di Kota Medan yakni luapan Sungai Deli, Sungai Sunggal, Sungai Babura dan Sungai Belawan," sebutnya.

Dia menambahkan saat ini banjir sudah mengalami penurunan di sebagian wilayah dan sebagian besar warga juga sudah mulai membersihkan rumah masing-masing.

"Tetapi cuaca mendung. Tim terus melakukan pemantauan dan pendataan di wilayah rawan banjir, berkoordinasi dengan pihak kecamatan, kelurahan dan lingkungan. Selain itu petugas sudah mendirikan tenda pengungsi dan memberikan makanan tanggap darurat," jelasnya. 

(fnr/age)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK