Rizieq Tak Penuhi Pemanggilan Kedua Kasus Kerumunan Massa

CNN Indonesia | Senin, 07/12/2020 17:21 WIB
Wasekum FPI menyatakan alasan ketidakhadiran Rizieq memenuhi panggilan kedua polisi karena masih dalam masa pemulihan dan ada keperluan keluarga. Imam Besar Habib Rizieq Shihab (tengah) menyapa ribuan jamaah di jalur Puncak, Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). (ARIF FIRMANSYAH/ARIF FIRMANSYAH)
Jakarta, CNN Indonesia --

Imam Besar Front Pembela Islam (FPIRizieq Shihab kembali tak memenuhi panggilan kedua dari polisi untuk agenda pemeriksaan terkait kasus kerumunan massa di acara pernikahan putrinya, Syarifah Najwa Shihab, Senin (7/12) hari ini.

Ini merupakan pemanggilan kedua. Sebab, pada panggilan pertama Selasa (1/12) lalu, Rizieq mangkir dengan alasan masih dalam masa pemulihan kesehatan.

Selain Rizieq, menantunya yakni Hanif Alatas juga mangkir dari agenda pemeriksaan hari ini.


"Habib Rizieq dan Habib Hanif dalam hal ini ada sesuatu dan lain hal sehingga tidak dapat memenuhi panggilan dan diwakilkan oleh kita," kata Wakil Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (7/12).

Aziz menuturkan alasan ketidakhadiran Rizieq karena masih dalam masa pemulihan dan ada keperluan keluarga. Ia menegaskan bahwa Sang Habib sedang dalam kondisi sehat. Namun, hanya kelelahan sehingga memerlukan istirahat.

"Artinya kalau untuk diperiksa berjam-jam kemudian memberikan keterangan itu belum sanggup dirasa, itu informasi dari dokter. Artinya dokter tersebut juga tidak mengatakan beliau sakit," tuturnya.

Lebih lanjut, Aziz mengklaim pihaknya telah berkomunikasi dengan penyidik terkait rencana agenda pemeriksaan selanjutnya.

"Artinya nanti akan ada komunikasi dan koordinasi dengan pihak kepolisian terkait agenda pemeriksaan dimaksud," ujarnya.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran sebelumnya telah mengimbau Rizieq Shihab untuk hadir memenuhi panggilan pemeriksaan.

Fadil menyebut jika kembali mangkir, kepolisian bakal melakukan langkah hukum lanjutan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Kami mengimbau kepada saudara MRS agar mematuhi hukum, memenuhi panggilan penyidik dalam rangka pemeriksaan," kata Fadil kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Senin siang.

(dis/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK