Bareskrim Mulai Korek Kesaksian Warga soal Bentrok FPI-Polisi

CNN Indonesia | Kamis, 10/12/2020 10:16 WIB
Dirtipidum Bareskrim Polri menyatakan semua saksi-saksi di sejumlah lokasi diperiksa terkait insiden bentrok polisi dan anggota FPI di Tol Cikampek. Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri mulai menggali keterangan dari sejumlah saksi yang menyaksikan insiden bentrokan antara polisi dengan anggota Front Pembela Islam (FPI) di ruas Tol Jakarta-Cikampek sekitar Karawang, Jawa Barat, pada Senin (10/12) dini hari.

"Hari ini pemeriksaan saksi-saksi di sejumlah lokasi. (Saksi) Semua pihak yang menyaksikan dan bisa memberikan keterangan, kami periksa," kata Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigadir Jenderal Andi Rian saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Kamis (10/12).

Meskipun demikian, Andi belum dapat menuturkan secara rinci mengenai lokasi-lokasi yang bakal mulai didalami oleh penyidik. Termasuk, wilayah yang menjadi tempat kejadian perkara (TKP) bentrokan tersebut hingga menyebabkan enam orang simpatisan Rizieq tewas tertembak.


Pasalnya, hingga saat ini belum diketahui pasti TKP bentrokan itu terjadi. Kepolisian selama ini mengklaim bahwa memiliki bukti rekaman CCTV bentrokan terjadi, namun belum pernah diperlihatkan.

Dari rilis awal yang disampaikan oleh Polda Metro Jaya, kejadian terjadi di wilayah KM 50 tol Jakarta-Cikampek.

Andi pun belum dapat menginformasikan mengenai perlu atau tidaknya pemeriksaan terhadap FPI untuk mengkonfirmasi kejadian itu.

"Hari ini fokus kepada saksi-saksi," ucap dia.

"Bareskrim mengambil alih penyidikan dari PMJ karena locus delicti peristiwa berada diluar yuridiksi mereka," tandas dia.

Terkait bentrokan itu, FPI punya kronologi dan cerita yang berbeda. Menurut Ormas bentukan Rizieq itu, bentrok terjadi ketika laskar pengawal tersebut diserang Orang Tak Dikenal (OTK) ketika sedang mengawal kegiatan Rizieq Shihab.

Bahkan, Rizieq sendiri sempat memberikan kesaksian lewat sebuah rekaman suara bahwa terjadi peristiwa kejar-kejaran antara rombongan dirinya dengan orang tak dikenal yang membuntutinya. Oleh sebab itu, Rizieq menjamin bahwa kronologis yang disampaikan oleh FPI adalah benar.

(mjo/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK