Nama Prabowo dan Ma'ruf Tak Mampu Taklukkan Dinasti Ratu Atut

CNN Indonesia | Kamis, 10/12/2020 10:42 WIB
Pengamat menilai keunggulan Benyamin-Pilar di Pilkada Tangerang Selatan tak lepas dari dominasi keluarga Ratu Atut Chosiyah di Banten. Calon Wali kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie (kiri) dan calon Wakil Wali kota Pilar Saga Ichsan (kanan) melakukan salam komando usai konferensi pers di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (9/12/2020). (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pasangan Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan unggul berdasarkan hasil hitung cepat di Pilkada Tangerang Selatan 2020. Merujuk hasil hitung cepat atau quick count Indikator, pasangan Benyamin-Pilar meraih 41,86 persen suara.

Perolehan Benyamin-Pilar mengungguli pasangan Muhamad-Rahayu Saraswati dengan perolehan 34,42 persen suara dan Siti Nur Azizah-Ruhamaben dengan 23,72 persen.

Peneliti Indikator Rizka Halida mengatakan keunggulan Benyamin-Pilar ini tak lepas dari dominasi keluarga Ratu Atut Chosiyah. Diketahui, Pilar Saga yang mendampingi Benyamin merupakan keponakan Ratu Atut, mantan Gubernur Banten dan terpidana kasus korupsi.


"Jangan lupa bahwa Benyamin adalah petahana yang tentunya sudah lebih dikenal warga secara luas, didukung Pilar anak Ratu Tatu keluarga Ratu Atut," kata Rizka saat dihubungi CNNINdonesia.com, Kamis (10/9).

Rizka tak menampik bahwa salah satu faktor yang membuat pasangan Benyamin-Pilar unggul dari dua pasangan calon lainnya adalah nama besar keluarga Ratu Atut. Diketahui, keluarga Ratu Atut kerap mendominasi pemilihan kepala daerah di wilayah Banten dalam beberapa tahun terakhir.

"Saya rasa ya, keluarganya (Ratu Atut) masih punya jaringan luas (di Banten)," tuturnya.

Nama besar keluarga Ratu Atut bahkan bisa mengalahkan nama besar Prabowo Subianto maupun Ma'ruf Amin. Diketahui, Rahayu Saraswati merupakan keponakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Sedangkan Siti Nur Azizah merupakan putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Di sisi lain, Rizka menilai kemenangan Benyamin-Pilar, versi hitung cepat, tidak lepas dari sikap militan para pendukungnya. Hal ini terlihat dari para pendukung Benyamin-Pilar benar-benar memberikan suara, bukan hanya menyatakan dukungan.

"Di sini kita melihat pemilih dari paslon mana yang militan, dalam arti mereka benar-benar tidak hanya dukung tapi datang ke TPS dan coblos. Di sini kalau kita lihat di banyak wilayah lebih banyak yang coblos Benyamin-Pilar, ini menjadi sebab yang menjadi pemenang diprediksi yang menang adalah Benyamin-Pilar," tuturnya.

Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin juga menilai bahwa nama besar Ratu Atut masih cukup berpengaruh di provinsi Banten, khususnya Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Serang. Menurut Ujang, selain nama besar, keluarga Ratu Atut juga memiliki jaringan yang cukup kuat di Tangsel.

Terlebih, Benyamin Davnie merupakan calon petahana dengan statusnya sebagai Wakil Wali Kota Tangsel saat ini. Tidak hanya itu, Wali Kota Tangsel saat ini, Airin Rachmi Diany yang masih satu silsilah dengan keluarga Ratu Atut juga berperan besar dalam pemenangan pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga.

Pilar Saga juga merupakan sepupu Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, selain keponakan Ratu Atut Chosiyah. Sementara ibu Pilar Saga adalah Ratu Tatu Chasanah, calon Bupati Serang. Ia merupakan adik Ratu Atut.

"Nama besar Prabowo atau Ma'ruf tidak terlalu berpengaruh, karena Benyamin dan Pilar selain masih berhubungan dengan keluarga Ratu Atut, mereka juga punya akses dan jaringan yang luas di wilayah Tangsel," tutur Ujang.

(dmi/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK