Hasil Sementara Pilkada Kepri 2020: Petahana Tertinggal

CNN Indonesia | Kamis, 10/12/2020 17:42 WIB
Pasangan calon petahana Isdianto-Suryani hanya memperoleh 111.218 suara atau 34,8 persen suara dan menempati posisi kedua dari tiga paslon Pilkada Kepri. Berdasarkan perhitungan sementara Sirekap KPU dalam Pilkada Kepri 2020, perolehan suara pasangan calon petahana tertinggal. Ilustrasi (ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pasangan calon petahana Isdianto-Suryani tertinggal dalam perolehan suara sementara Pilkada Kepulauan Riau (Kepri) 2020 versi Sirekap yang ditayangkan situs Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Isdianto-Suryani hanya memperoleh 111.218 suara atau 34,8 persen suara. Mereka menempati urutan kedua dari tiga pasangan calon yang ikut dalam pemilihan gubernur tersebut.

Di posisi pertama, ada pasangan Ansar Ahmad-Marlin Agustina. Mereka memperoleh 141.024 suara atau setara 44,1 persen dari seluruh suara yang masuk dalam Sirekap KPU.


Sementara di posisi buncit ada pasangan Soerya Respationo-Iman Sutiawan. Pasangan ini merengkuh 67.372 suara atau 21,1 peraen suara yang masuk.

Hasil itu berasal dari data rekapitulasi suara dari 1.586 TPS di Kepri. Sirekap KPU telah menerima 39,04 persen per 15.34 WIB.

Isdianto adalah Gubernur Kepri yang menjabat tanpa melalui pilkada. Pada April 2016, ia dilantik DPRD Kepri menjadi wakil gubernur menggantikan posisi Nurdin Basirun. Saat itu, Nurdin dilantik jadi gubernur menggantikan H.M. Sani yang meninggal dunia.

Tiga tahun setelahnya, Nurdin ditangkap KPK dalam kasus korupsi. Isdianto pun dilantik jadi Gubernur Kepri yang menjabat hingga Desember 2021.

Sirekap adalah rekapitulasi elektronik yang dibuat KPU RI. Data yang ditampilkan merupakan hasil rekapitulasi di setiap TPS yang diunggah para KPPS.

Meski data yang disajikan asli, Sirekap tidak menentukan hasil akhir pilkada. KPU tetap berpegang pada rekapitulasi manual berjenjang untuk menetapkan pemenang pilkada.

(dhf/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK