Kemenkes: Vaksin Gratis untuk Seluruh Rakyat Tak Terkait BPJS

CNN Indonesia | Jumat, 18/12/2020 07:59 WIB
Kemenkes menyebut pemberian Vaksin Corona secara gratis dilakukan tanpa melihat kepesertaan di BPJS Kesehatan. Ilustrasi BPJS Kesehatan. (Foto: ANTARA FOTO/AMPELSA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menegaskan vaksinasi atau penyuntikan vaksin Virus Corona (Covid-19) dilaksanakan secara gratis kepada rakyat Indonesia tanpa embel-embel kepesertaan aktif Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Vaksinasi itu dilakukan sesuai fokus target pemerintah dalam memunculkan herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap penularan virus corona. Pemerintah menargetkan akan menyuntik vaksin covid-19 terhadap 67-70 persen penduduk atau sekitar 182 juta orang.

"Vaksin ini gratis untuk seluruh rakyat Indonesia, jadi tidak ada hubungan dengan keikutsertaan dalam BPJS ya," kata Nadia saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (18/12).


Meski demikian, Nadia menyebut vaksinasi tak sembarang diberikan kepada semua orang. Pihaknya mempertimbangkan kondisi kesehatan calon penerima agar tak memicu efek tertentu.

"Diberikan kepada yang sesuai kriteria vaksin ya; tidak ada komorbid, tidak hamil dan tidak menyusui, bukan penderita kelainan imun," jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan pembebasan biaya vaksin Corona keputusannya pada Rabu (16/12).

(khr/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK