BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi Perairan Dekat Merak

CNN Indonesia | Minggu, 20/12/2020 11:13 WIB
BMKG memperingatkan potensi gelombang tinggi di sekitar perairan Selat Sunda dan Jawa dekat Pelabuhan Merak dalam beberapa hari ke depan. Foto ilustrasi. Suasana Pelabuhan Merak saat arus mudik. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi gelombang tinggi di sekitar perairan Selat Sunda dan Jawa dekat Pelabuhan Merak dalam beberapa hari ke depan terhitung Minggu (20/12).

Menurut pernyataan BMKG, gelombang setinggi 1,25-2,5 meter berpotensi terjadi di Selat Malaka, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten hingga Jawa Tengah.

Cuaca buruk dan potensi gelombang tinggi itu sempat memicu antrean kendaraan yang ingin menyebrang dari Pelabuhan Merak lantaran menghambat sejumlah kapal yang ingin bersandar di pelabuhan.


Gelombang tinggi tersebut juga berpotensi terjadi hingga perairan barat Lampung, Samudera Hindia barat Sumatra.

Sementara itu, gelombang setinggi 2,5-4 meter berpeluang terjadi di Laut Natuna dan beberapa perairan lainnya dari Laut Jawa hingga NTT.

"Harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran," bunyi pernyataan BMKG yang diterima CNNIndonesia.com

Sementara itu, BMKG juga memperingatkan gelombang sangat tinggi sekitar 4-6 meter berpeluang terjadi di Kepulauan Anambas sampai Kepulauan Natuna.

Gelombang setinggi lebih dari 6 meter bahkan berpotensi terjadi di Laut Natuna Utara.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," ujar BMKG.

(rds/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK